Penilaian Kinerja SKPD se-Kaltim

SAMARINDA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan meraih penghargaan sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berkinerja terbaik  di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim pada 2015. Penghargaan tersebut sebagai tersebut diserahkan Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal, Kamis (17/3).

"Penghargaan ini berdasarkan penilaian kinerja dan prestasi yang dicapai masing-masing SKPD. Penilaian dilakukan objektif oleh tim penilai yang dikoordinasi Badan Penelitan dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim dan beberapa SKPD terkait," kata Wakil Gubernur Mukmin Faisyal usai menyerahkan penghargaan kepada sejumlah SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim di Halaman Kantor Gubernur.

Terdapat sejumlah kategori dalam penilaian kinerja SKPD terbaik diantaranya,  penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), pelaksanan urusan pemerintah, pengelolaan keuangan, pengelolaan kepegawaian, inovasi kerja dan pengelolaan barang milik daerah serta keseluruhan katagori.

RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan meraih lima penghargaan, yakni kategori keseluruhan, pengelolaan barang milik daerah, pengelolaan keuangan, penerapan SAKIP dan inovasi. 

"Pemberian penghargaan SKPD terbaik diharapkan memacu kinerja SKPD yang lain untuk berprestasi dalam melaksanakan Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing serta melahirkan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sesuai  dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik," kata Mukmin.

Penghargaan ini sudah diberikan sejak 2010 atau memasuki tahun keenam. Adapun SKPD terbaik sejak penyelenggaraan pertama adalah Badan Perpustakaan Kaltim (2010), Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah dan UMKM Kaltim (2011), RSUD Abdul Wahab Syahrani (2012), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim (2013) dan RSUD Abdul Wahab Sjahranie (2014).

"Kepada SKPD yang menerima penghargaan, saya harap agar  mempertahankan prestasi kinerja. Sedangkan yang belum berhasil, jangan berkecil hati. Lakukanlah intropeksi dan segera lakukan pembenahan serta meningkatkan kinerja dengan rasa tanggung jawab dan etos kerja tinggi," harap Mukmin.

Selain RSUD Kanujoso Djatiwibowo, SKPD lainnya yang meraih penghargaan sebagai SKPD terbaik secara keseluruhan diantaranya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, Dinas Sosial Kaltim, RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, Bappeda Kaltim dan Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim.

Sementara itu, Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo, Edy Iskandar mengaku bangga dengan penghargaan ini. 

"Penghargaan ini suatu kebanggan dan kehormatan bagi semua unsur yang ada di RSUD Kanujoso. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras semua jajaran. Kita akan berusaha mempertahankan prestasi ini di tahun-tahun berikutnya," kata Edy. (rus/sul/es/hmsprov).

 

Berita Terkait
Government Public Relation