Percepatan Swasembada Pangan di Kaltim


SAMARINDA – Dalam upaya percepatan pencapaian swasembada pangan, pemerintah terus meningkatkan komunikasi dan sinergi dengan jajaran Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kaltim

 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Ketahanan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim Fuad Asaddin usai pertemuan koordinasi dengan KTNA Kaltim di Aula BKPP Kaltim, Senin, (18/7).

“Kita  terus memberdayakan sejumlah kelompok tani yang tergabung dalam KTNA. Bagaimana pemerintah meningkatkan komunikasi dengan mereka, sehingga swasembada pangan dapat segera diwujudkan,” katanya.

Menurut Fuad, sukses pelaksanaan pekan daerah (Peda) 2016 di Kabupaten Penajam Paser Utara pada Mei lalu, merupakan  salah satu bukti sinergitas antara pemerintah dengan pelaku utama.

Selain itu, sudah menjdi komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim di bawah kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wagub Mukmin Faisyal dalam program prioritas daerah yang tertuang dalam RPJMD.

Salah satu program prioritas pembangunan daerah dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian. Program pengembangan pertanian dalam arti luas meliputi berbagai kegiatan sub seKtor pertanian di daerah yang didukung dengan potesi kewilayahan dan lahan.

“Potensi dan keunggulan kewilayahan yang kita miliki dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk pengembangan kegiatan pertanian dalam arti luas,” harap Fuad.

Para pelaku utama yang tergabung dalam kelompok KTNA ujarnya, baik petani maupun nelayan sudah menunjukkan kinerja cukup tinggi dalam meningkatkan produksi.

Selain itu, dukungan pemerintah juga sudah jelas yang dibuktikan dengan tersedianya dana kredit di lembaga perbankan (BPD Kaltim) untuk berbagai kegiatan subsektor pertanian.

Diantaranya, Kredit Ternak Sejahtera dan Kredit Pangan Sejahtera, Kredit Sawit Sejahteran serta Kredit Perikanan Sejahtera “Kami yakin komunikasi dan koordinasi serta sinergi pemerintah dengan KTNA sudah sangat baik. Swasembada pangan dapat diwujudkan dengan sinergitas itu,” ungkap Fuad.(yans/sul/es/humasprov).

 

Berita Terkait
Government Public Relation