Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2016


 

Awang : Pancasila Benteng Kehancuran Sendi Bangsa

SAMARINDA – Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia. Juga, benteng kokoh yang mampu menjaga dari kehancuran dan kerusakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2016 di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (3/10).

Menurut dia, Pancasila sebagai dasar negara yang melandasi segala tingkah laku dan karakter bangsa telah teruji dengan peristiwa G30S PKI yang hampir menghancurkan bangsa.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi dasar motivasi sikap, tingkah laku dan perbuatan hidup bermasyarakat. Terlebih kita sebagai aparatur negara untuk mencapai tujuan bangsa,” katanya.

Semangat yang harus dimiliki seluruh jajaran Pemprov Kaltim lanjutnya, yaitu memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta melaksanakan ketertiban yang berdasarkan keadilan sosial.

Aparatur sebagai abdi bangsa dan masyarakat berkewajiban menegakkan Pancasila sebagai pedoman dan pegangan dalam pembangunan nasional agar berdiri kokoh.

Selain itu, Pancasila sebagai identitas diri bangsa akan terus melekat pada  jiwa setiap aparatur yang diamalkan di kehidupan sehari-hari dalam mengemban amanah dengan penuh tanggungjawab.

“Tekadkan dihati sanubari kita bagaimana pengabdian ini dengan kerja keras dan cerdas ini memberikan imbas yang baik bagi semua, sehingga kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat Kaltim segera diwujudkan,” harap Awang.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diisi pembacaan teks Pancasila yang dipimpin Gubernur. Sedangkan pembukaan UUD 1945 dan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila masing-masing dibacakan anggota Satpol PP dan Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun.

Peringatan mengambil tema Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa sebagai Wujud Pengamalan Pancasila. Tampak hadir Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal HP dan asisten serta seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation