Pramuka Kaltim Ikuti Jambore Dunia

 

Gubernur : Harus Mampu Transfer Knowledge dan Skill

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim mengarapkan agar anggota Gerakan Pramuka (Penggalang dan Penegak) dari Kaltim yang mengikuti Jambore Dunia di Jepang (23th World Scout Jamboree) harus mampu melakukan transfer knowledge (alih pengetahuan) dan skill (keahlian).

Harapan Gubernur Awang Faroek Ishak itu tertuang dalam sambutan tertulis yang disampaikan staf ahli Bidang Pendidikan Dr H Sigit Muryono pada pelepasan kontingen Kwarda Kaltim mengikuti Jambore Dunia di Guesthous Pendopo Lamis Etam, Jumat (10/7).  

“Ini merupakan saat yang tepat bagi adik-adik Pramuka dalam mengikuti even dunia di Jepang dan disana nantinya harus mampu melakukan transfer knowledge dan skill,” katanya.

Menurut dia, Jepang merupakan salah satu negara yang masyarakat memiliki disiplin tingggi serta berpengetahuan. Hal ini dibuktikan kemajuan negara itu dalam memacu negara dan masyarakat mencapai teknologi tinggi bahkan produk negara itu mampu menguasai pasar dunia.

Kemampuan dan pengetahuan serta keahlian juga disiplin yang tinggi masyarakat negara Jepang harus mampu diambil dan dicontoh peserta kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan anggota Pramuka negara lain.

Selain itu, dalam momentum Rakor Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim diharapkan mampu membuat langkah-langkah dan upaya strategis dalam mencapai kemajuan kegiatan Gerakan Pramuka di daerah.

“Dalam rakor hendaknya dibuatkan rumusan kebijakan tentang langkah strategis untuk memacu kemajuan Gerakan Pramuka di Kaltim, khususnya beberapa program organisasi yang telah ditetapkan,” harap Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kaltim.

Sementara itu Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal menyebutkan kontingen Kaltim yang akan mengikuti Jambore Dunia ke-23 di Jepang sebanyak 22 peserta yang dilaksanakan pada 28 Juli - 8 Agustus 2015.

“Sedangkan rakor Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim untuk menentukan program tahunan daerah juga persiapan penyelenggaraan beberapa even nasional maupun daerah yang telah ditetapkan termasuk  kesiapan cabang-cabang mengukti even itu,” ujar Hatta Zainal.

Pelepasan kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim yang mengikuti 23th World Scout  Jamboree di Jepang juga dilakukan pembukaan Rakor Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim dirangkai berbuka puasa bersama dan diisi tausiyah Ramadhan.(yans/hmsprov)

///Foto: Staf Ahli Gubernur Kaltim H Sigit Muryono didampingi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal memasangkan jaket kotingen Kaltim yang mengikuti Jambore Dunia ke-23 di Jepang.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait