Presiden Akan Ground Breaking KIB dan Rel Kereta Api

 

Presiden Akan Ground Breaking KIB dan Rel Kereta Api

 

SAMARINDA - Menindaklanjuti  kerjasama  dengan Republik Federasi Rusia, khususnya  perusahaan Russian Railways yang akan membangun jaringan rel kereta api dan proyek-proyek lainnya di Kaltim. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan groun breaking sejumlah proyek tersebut.

"Proyek kerjasama dengan Russian Railways akan kita groundbreaking pada 17 Nopember mendatang. Pelaksanaanya nanti akan dilakukan Presiden Joko Widodo atau paling tidak  oleh Wakil Presiden HM  Yusuf Kalla, jika presiden berhalangan hadir," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, usai memimpin rapat koordinasi persiapan tindaklanjut kerjasama Pemeprov Kaltim dengan Republik Federasi Rusia, di Ruang Serbaguna  Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (28/9).

Pertemuan tersebut juga  dihadiri Bupati PPU  H Yusran Aspar, Wakil Bupati Kubar Didik Effendi, Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi, sejumlah  asisten Setprov Kaltim serta kepala dinas, badan di lingkungan Pemprov Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Awang menambahkan, selain rel kereta api, juga akan  dilakukan groundbreaking untuk kawasan  Industri  Buluminung di PPU, berupa teknopark dengan proyek pembuatan kapal patroli bersayap bawah air dengan kecepatan tinggi yang digunakan penjaga pantai untuk menangkap nelayan pencuri ikan. Termasuk meresmikan proyek pembangunan Pabrik Pupuk Kaltim V, di Kota Bontang

"Kita rencanakan, pada pagi harinya  Presiden meresmikan pupuk Kaltim V, setelah itu terbang  menggunakan helikopter ke Balikpapan/PPU untuk melakukan ground breaking kawasan industri," ujarnya,

Terkait dengan rencana ground breaking pembangunan rel kereta api maupun kawasan industri di PPU, gubernur meminta dukungan kepada semua bupati, daerahnya akan  dilalui jalur rel kereta api, bisa secepatnya melaporkan kesiapan dan pembebasan lahan.

Dia ingin semuanya sudah beres, sehingga pada pelaksanaan ground breaking tidak ada lagi hal-hal yang dapat mengganggu pelaksanaan pembangunan rel kereta api maupun kawasan industri kawasan Buluminung.

Guna menyukseskan graound breaking pada 17 Nopember, Gubernur juga meminta selain kepada kepala daerah, juga kepada seluruh SKPD terkait bisa ikut berpartisipasi untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

“Karena itu, baik bupati, SKPD maupun pihak terkait lain kiranya terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Kaltim, untuk menyukseskan sejumlah proyek tersebut," kata Awang Faroek Ishak. (mar/sul/es/sdv)  

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr Awang Faroek Ishak (tengah) memimpin pertemuan persiapan ground Graking KIB dan Pembangunan Rel Kereta Api serta peresmian pabrik Pupuk Kaltim V(umar/humasprov)

 
Berita Terkait
Government Public Relation