Pusat Puji Kaltim Laksanakan Wajar 12 Tahun

Pusat Puji Kaltim Laksanakan Wajar 12 Tahun

 

SAMARINDA - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja Pemprov Kaltim yang telah menerapkan program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun di daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim mengatakan hal ini diakui Penanggungjawab Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud Mulkirom ketika menjadi narasumber workshop perhitungan pendidikan menengah universal di Samarinda baru-baru ini.

“Apa yang telah dilaksanakan Pemprov Kaltim, menurut mereka patut menjadi model atau percontohan dalam penerapan wajar 12 tahun. Karena, kita telah mencanangkan program ini sejak 2010 dan berlaku efektif sejak 2012. Program ini merupakan gagasan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, sebelum Pemerintah Pusat melaksanakannya,” kata Musyahrim ketika dikonfirmasi di Samarinda, Jumat (26/6).

Menurut dia, Pemerintah Pusat mengetahui program yang telah dilaksanakan Pemprov Kaltim setelah mengetahui informasi dari internet. Kaltim patut menjadi model atau percontohan, karena program tersebut telah diikuti kabupaten/kota di provinsi ini. Pusat pun berjanji untuk mendukung dari sisi mutu dan peningkatan akses pendidikan.

“Alhamdulillah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan siap mendukung penyelenggaraan wajar 12 tahun yang telah dilaksanakan Pemprov Kaltim. Memang di tingkat nasional wajar 12 tahun sudah direncanakan sejak 2010, tetapi baru dapat dilaksanakan sosialisasi wajar 12 tahun sejak  2013,” jelasnya.

Secara keseluruhan sosialisasi dan penerapan wajar 12 tahun akan dilaksanakan 2016. Menyukseskan wajar 12 tahun, Pemerintah Pusat berkomitmen mempersiapkan sarana dan prasarana, bantuan operasional dan peningkatan kualitas tenaga pendidik maupun kependidikan.

Selain itu, mengenai perencanaan perhitungan tambahan biaya untuk wajar 12 tahun disusun dengan berbagai jenis, seperti pembiayaan kebutuhan langsung investasi yang meliputi bangunan, alat, buku dan sumber daya manusia (SDM). (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak bersama anak-anak SD. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation