Selangkah Lagi, SMKN Pelayaran Kalimantan Approval


 

SAMARINDA - Menuju sekolah pelayaran bertaraf internasional dan menjadi percontohan di Indonesia Timur, khususnya di wilayah Kalimantan, SMKN Pelayaran Kalimantan yang merupakan binaan Dinas Perhubungan Kaltim selangkah lagi menerima status Approval dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Status ini sangat diperlukan untuk mendukung pemerintah daerah mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang kemaritiman. Saat ini, SMKN Pelayaran Kalimantan mendapat kesempatan sebagai sekolah pelayaran yang akan diaudit untuk pengesahan Approval oleh Dirjen Perhubungan Laut.

“Setelah adanya audit tersebut, maka selanjutnya SMKN Pelayaran Kalimantan tinggal menunggu hasil audit. Jika, hasilnya disahkan, maka SMKN Pelayaran berhak menerima status Approval. Kita optimis awal 2017 sekolah ini menerima status Approval,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong didampingi Kepala UPTD SMKN Pelayaran Kalimantan Priambodo Prakoso di UPTD SMKN Pelayaran Kalimantan, Kamis (3/11).

SMKN Pelayaran Kalimantan dinilai beruntung karena dari 135 sekolah pelayaran se-Indonesia, hanya dua SMK Pelayaran di Indonesia yang mendapatkan kesempatan untuk diaudit oleh Dirjen Perhubungan Laut, yakni SMKN Pelayaran Kalimantan dan SMK Bhakti Samudera Surabaya.

Audit dari Dirjen Perhubungan Laut rencananya dilaksanakan akhir Nopember dan awal Desember 2016. Salah satu syarat SMKN Pelayaran Kalimantan berhasil mendapat kesempatan diaudit, yakni telah memiliki asrama untuk Boarding School dan alat simulator pelayaran.

“Memang saat ini asrama ke dua kami masih dalam proses pembangunan. Ditargetkan akhir 2017 selesai,” sebut Salman.

Salman meyakini, berstatus Approval, SMKN Pelayaran Kalimantan nantinya dapat menjadi percontohan bagi SMK Pelayaran di Indonesia Timur, khususnya Kalimantan. Karena, dengan status tersebut, taruna dan taruni sekolah ini tidak lagi menjalani ujian keahlian pelaut (UKP) di Surabaya, tapi cukup di Samarinda. Bahkan sekolah ini dapat menampung sekolah pelayaran di Kalimantan untuk melaksanakan UKP. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait