Sukseskan Pemilukada Serentak 9 Desember

Netralisasi, ASN Jangan

Terlibat Politik Praktis

SAMARINDA - Guna menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar 9 Desember 2015, Ketua Korpri  Unit Setdaprov  Drs Aji Sayid Fatur Rahman  menegaskan bahwa netralitas menjadi sesuatu yang mutlak dilaksanakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Saya mengajak seluruh anggota Korpri di lingkungan Setdaprov  agar secara aktif  terlibat dalam pemungutan dan memberikan hak suaranya dan jangan memanfaatkan momen 9 Desember untuk bepergian karena hari tersebut hari yang diliburkan," kata Fatur Rahman. 

Menurutnya,  setiap ASN harus memberikan hak suara dan tidak boleh mengabaikan hak suara mereka. Namun ASN juga harus netral dan tidak terlibat dengan politik praktis.   

"Netralitas ASN  sangat diharapkan, karena keterlibatan dalam politik praktis bertentangan dengan peraturan perundang-undangan  dan disiplin pegawai. Pelaksanaan pesta demokrasi  tidak boleh diciderai dengan praktek menyimpang. ASN harus tetap bertindak netral," tegasnya.

Dikatakan, kebersamaan dan sifat toleransi serta netralitas ASN yang selama ini sudah terjalin dan terbangun dengan semangat korp yang baik hendaknya terus dijaga bahkan ditingkatkan terutama saat-saat menjelang pilkada serentak 2015 yang tinggal beberapa hari lagi. Perbedaan pendapat dan pilihan, kata Fatur, tidak membuat ASN  mudah berselisih paham apalagi bertengkar.

"Kita sudah berhasil membangun semangat kebersamaan dan toleransi yang baik. Sebab selisih paham dan pertengkaran itu kontraproduktif," ujarnya.

Apabila ASN melakukan hal-hal yang kontraproduktif maka hanya akan mengakibatkan menurunnya kinerja yang dapat merugikan semua pihak. Sepantasnya, ASN  selaku aparatur pemerintah dan pelayan masyarakat harus memberikan pelayanan yang terbaik.

Selain itu, hidup berdemokrasi adalah bagaimana masing-masing pihak saling menghargai perbedaan pendapat dan pandangan untuk membangun kebersamaan.

"Bukan sebaliknya menjadikan perbedaan itu dasar perselisihan dan pertengkaran. Kita patut bersyukur walaupun tetap semangat mendukung pilihan masing-masing namun tetap menjalin silaturahim. Jangan mudah terpancing isu-isu yang yang tidak bertanggung jawab," harapnya. (mar/sul/humasprov)

 

HUT KORPRI. Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal bersama Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Dr Meiliana yang juga Penjabat Walikota Samarinda menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-44. Senin, (30/11). Setelah upacara di Halaman GOR Segiri, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa. (humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation