Sulteng Ingin Tiru Kemajuan Olahraga Kaltim

Sulteng Ingin Tiru Kemajuan Olahraga Kaltim

 

SAMARINDA - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto bersama jajaran Dinas Pendidikan Sulteng dan rombongan pada Jumat (18/12) melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur untuk melihat lebih dekat kondisi Kaltim yang dinilai telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan terutama di luar Pulau Jawa.

"Kondisi Kaltim dalam bidang olahraga sudah terbilang sudah sangat berkembang karena memiliki prestasi ditingkat Nasional maupun Internasional. Kita datang kekaltim ingin meniru seperti apa Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI) di Kaltim ini," kata Sudarto Usai menemui Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Kaltim dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Japrie serta Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati di Kantor Gubernur pada Jumat (18/12).

Menurutnya, fasilitas olahraga di Kaltim tidak terlalu banyak seperti apa yang ada di Kaltim. Sehingga, sudah sewajarnya kalau Kaltim bisa meraih yang terbaik di luar pulau Jawa dalam bidang olahraga.

"Fasilitas kita di Sulteng belum begitu banyak. ya mudah-mudahan setelah kita melakukan kunjungan di Kaltim bisa meniru apa yang sudah dilakukan oleh Kaltim hingga menjadi lebih maju dalam olahraga terutama dengan adanya SKOI. Karena SKOI ini sudah di kenal secara meluas dan sudah sepatutnya kita perlu tinjau dan kita bisa praktekan di Sulteng," katanya.

Sementara itu Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Kaltim Bere Ali mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kedatangan rombongan Wagub Sulteng Sudarto ke Kaltim untuk melihat kemajuan kondisi Kaltim terutama dalam bidang olahraga dengan adanya SKOI di Kaltim.

"Sebelum mereka (Wagub Sulteng dan rombongan) datang ke Kaltim. Mereka telah melakukan konsultasi ke jajaran Kemenpora terkait olahraga. Akhirnya, mereka diminta untuk melihat SKOI di Kaltim," katanya.

Bere menambahkan, SKOI di Kaltim berdiri atas ide dari pemikiran Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang perlu adanya pemanfaatan secara maksimal dan optimal Venue eks PON 2008 serta pembinaan dan pengembangan atlet pelajar berbakat dan berprestasi.

"Untuk memanfaatkan fasilitas yang lengkap itu melalui pembangunan SKOI dan membina bibit-bibit atlet yang menjadi harapan daerah dalam olahraga. Ternyata sejumlah atlet SKOI ini berhasil membawa harum nama Kaltim maupun Indonesia ditingkat nasional maupun internasional," katanya. (rus/hmsprov)

//Foto: Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Kaltim Bere Ali menyerahkan cinderamata kepada Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto. (rusli/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait