Targetkan Pemilih Diatas 70 Persen

Gubernur: Situasi Kaltim Kondusif Menyambut Pemilukada Serentak

 

SAMARINDA – Menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Indonesia yang pelaksanaannya tercatat dalam sejarah menjadi yang pertama di dunia, Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak memastikan masyarakat Kaltim telah siap menggunakan hak pilih. 

Karena itulah pada Selasa (8/12) malam sebelum Pemilukada serentak, Gubernur Awang Faroek Ishak  melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kaltim serta Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda, mengadakan dialog interaktif dengan masyarakat Kaltim yang bertajuk “Gubernur Menyapa”, untuk membahas soal  Pemilukada serentak. 

Dengan durasi satu jam, acara  ini disiarkan langsung dan memungkinkan masyarakat dari 10 kabupaten/kotadi Kaltim untuk berbincang secara langsung dengan Gubernur melalui sambungan telepon. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Awang menyebutkan bahwa saat ini Kaltim sedang berada dalam suasana sangat kondusif.

“Dengan suasana yang sangat kondusif ini, saya yakin pelaksanaan Pemilukada serentak di Provinsi Katim akan berjalan sangat baik,” sebutnya. 

Keyakinan ini, lanjut Gubernur Awang Faroek, dipertegas dengan laporan dari satuan pengamanan yaitu TNI, Kodam, Korem dan Polda Kaltim yang menyatakan kesiapannya dalam mengawal tertibnya pelaksanaan pesta demokrasi daerah ini. 

“Tadi pagi (kemarin) dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilukada Serentak di Kaltim, mereka menyebutkan bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa terselesaikan. Memang sempat ada masalah seperti pengiriman logistik ke Kabupaten Mahakam Ulu yang terhalang arus sungai yang deras, namun akhirnya telah sampai di sana dalam keadaan baik,” paparnya. 

Meskipun demikian, Awang Faroek juga menyatakan bahwa kesuksesan Pemilukada serentak ini sangat bergantung kepada partisipasi masyarakat. Kerja keras panitia dan pihak pengamanan semestinya juga disambut dengan antusias masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos gambar salah satu calon yang ada di kertas suara. 

“Hak pilih itu adalah hak asasi kita sebagai warga Indonesia, jika tidak kita pergunakan, berarti kita tidak memenuhi hak kita sendiri. Saya sendiri besok pada pukul 07.30 akan turun langsung ke TPS untuk menggunakan hak pilih saya,” ujar Gubernur yang mendeklarasikan partisipasinya dalam Pemilukada serentak tahun ini. 

Lebih lanjut Gubernur Awang Faroek menyampaikan harapan agar partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilukada serentak ini mencapai dia atas 70 persen. 

“Sosialisasi sudah dilakukan di media cetak, elektronik, bahkan sosial media. Jadi, saya yakin masyarakat Kaltim yang cerdas akan berduyun-duyun datang ke TPS dan menggunakan hak pilih,” pungkasnya. (aka/sul/es/humasprov)

///FOTO : Suasana pengambilan gambar dan suara Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak saat melakukan dialog dengan masyarakat pada acara “Gubernur Menyapa” yang membahas tentang kesiapan Kaltim pada Pemilukada 2015.(atika/humasprov)

 

Berita Terkait
BKOW Berpartisipasi Penuh
BKOW Berpartisipasi Penuh

21 Juni 2013 Jam 00:00:00
Politik

SIARAN PERS
SIARAN PERS

06 September 2013 Jam 00:00:00
Politik

Pemprov Serukan Anti Golput
Pemprov Serukan Anti Golput

07 September 2013 Jam 00:00:00
Politik

Government Public Relation