TNI Siap Kawal Pilpres di Kaltim dan Kaltara

TNI Siap Kawal Pilpres di Kaltim dan Kaltara

SAMARINDA - Komandan Korem (Danrem) 091 Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Nono Suharsono menegaskan bahwa jajaran TNI siap mengamankan penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan presiden (pilpres) pada 9 Juli 2014.

TNI akan menyiapkan pasukan untuk membantu pengamanan penyelenggaraan pilpres. Mulai dari Bintara Pembina Desa (Babinsa), Batalyon 611, termasuk pasukan Artileri Medan (Armed) juga disiapkan.

“Jadi, pasukan yang ada semua akan disiapkan untuk mendukung sukses penyelenggaraan pilpres,” kata Nono Suharsono, Senin (26/5). 

Meski siap terjun ke titik-titik pengamanan yang diperlukan, namun Nono Suharsono mengatakan bahwa koordinasi dengan aparat terkait lainnya, seperti jajaran kepolisian, penyelenggara pemilu dan pemerintah di masing-masing tingkatan tetap harus dilakukan. 

Koordinasi yang baik untuk mengawal penyelenggaraan pemilihan legislatif (pileg), April lalu hingga berlangsung aman dan tertib layak diteruskan. Sukses itu sekaligus menjadi motivasi bagi jajaran TNI untuk kembali ikut mengawal sukses pelaksanaan pilpres.

“Kami bersyukur pelaksanaan pemilihan legislatif baru-baru ini berlangsung aman dan tertib. Karena itu, kami harus mempertahankan kesuksesan tersebut, sehingga penyelenggaraan pilpres betul-betul aman dan tertib di Kaltim dan Kaltara,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, TNI akan tetap berlaku netral dalam setiap pelaksanaan pesta demokrasi rakyat. TNI harus tetap  menjaga netralitas agar mampu melindungi seluruh rakyat. 

“Jika tidak netral, tentu ini tidak baik bagi institusi TNI. Karena itu, saya mengimbau agar seluruh anggota TNI dapat netral dan tidak memihak salah satu calon. Sehingga bisa menjaga stabilitas keamanan daerah. Jika ada anggota TNI yang terlibat dalam kampanye salah satu calon, maka silahkan laporkan ke saya,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono. TNI siap mengawal kelancaran Pilpres 2014. (dok/humasprov)

 

Berita Terkait