Transaksi Kaltim Expo 2015 Capai Rp6 Miliar

Transaksi Kaltim Expo 2015 Capai Rp6 Miliar

 

SAMARINDA - Perputaran uang dari penyelenggaraan Pameran Pembangunan dan Ekonomi Kreatif dan Kaltim Expo 2015 yang dilaksanakan 21-25 Agustus 2015 mencapai Rp6 miliar dengan intensitas 5.000 pengunjung perhari. Dalam lima hari berarti tidak kurang 25.000 pengunjung yang datang ke ajang pameran tersebut. Capaian tersebut meningkat dari capaian tahun 2014 yang hanya mencapai Rp5 miliar.

Saat menutup pameran tersebut, Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan melalui pameran pembangunan dan ekonomi kreatif dan Kaltim Expo 2015 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-70 diharapkan dapat menjadi peningkatan pembangunan di berbagai bidang dan menggugah partisipasi masyarakat, karena pembangunan yang dilakukan pemerintah perlu dukungan semua pihak untuk mencapai keadilan dan kemakmuran serta kesejahteraan rakyat.

Melalui pameran dan expo ini juga dapat menjadi sarana promosi kegiatan usaha yang potensial yang selama ini berkembang di sejumlah kabupaten/kota, sebagai daerah tujuan investasi, perdagangan maupun wisata.

“Saya yakin dengan momentum ini, dapat menarik investasi daerah. Karena keberhasilan satu daerah menarik investasi dan mengembangan potensi usaha di wilayah masing-masing akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Mukmin Faisyal ketika penutupan Pameran Pembangunan dan Ekonomi Kreatif dan Kaltim Expo 2015 di Halaman Parkir Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Selasa (25/8).

Dari kegiatan ini, diberikan kesempatan bagi para pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memperkenalkan berbagai hasil produksi dan jasa untuk mendukung keberhasilan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Bahkan, juga dapat menampilkan berbagai potensi objek wisata unggulan daerah guna mendukung program Visit Kaltim Year 2015, sekaligus memberikan hiburan yang bermanfaat bagi warga Samarinda khususnya dan Kaltim umumnya.

Menurut dia, perekonomian Kaltim saat ini berkembang pesat, seiring dengan banyaknya investor yang tertarik menanamkan modalnya di daerah ini. Potensi sumber daya alam Kaltim yang berlimpah membuat Kaltim dikenal oleh sejumlah pengusaha dalam dan luar negeri.

Karena itu, Pemprov Kaltim berharap dengan kegiatan ini dapat menarik investor lebih banyak lagi, termasuk investor dalam negeri dan bila perlu bisa menggugah para pengusaha daerah untuk menggeluti berbagai bidang usaha sesuai dengan potensi yang tersedia.

Selain itu, dari kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada peserta pameran dan Kaltim Expo. Piala bergilir Gubernur Kaltim untuk stand favorit dan terbaik adalah Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim. Sementara untuk stand penyajian informasi terbaik juara I Dinas Peternakan Kaltim, juara II Bappeda Kaltim dan juara III Pojok Pajak.

Sebagai stand pelayanan terbaik, juara I Disbudpar Kaltim, juara II Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim, juara III Disnak Kaltim. Kategori stand terbaik Kabupaten/Kota, juara I Kutai Timur, juara II Samarinda dan juara III Bontang. Stand kreatif juara I BPD Kaltim, juara II Bank Indonesia, juara III Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim. Stand desain terbaik, juara I Disnak Kaltim, juara II Distamben Kaltim dan juara III Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: PIALA BERGILIR. Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal (kedua dari kiri) dan HM Ibrahim (kiri Wagub) Kadis Pertanian Tanaman Pangan Kaltim peraih Piala bergilir Gubernur Kaltim untuk stand favorit dan terbaik. (johan/humasprov kaltim)

 

 

Berita Terkait