Upaya Peningkatan Kualitas Pengelolaan Keuangan Pemprov Kaltim

BPK Siap Melayani Konsultasi

SAMARINDA – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis  siap mendukung upaya Pemprov Kaltim meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Melalui Pejabat Eselon I, sesuai bidang tugas masing-masing, BPK siap melayani konsultasi dari sejumlah pihak, termasuk dari daerah ini.

“Karena itu, pejabat eselon I yang bertugas memastikan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah datang ke Kaltim untuk melayani konsultasi sesuai peraturan, karena sekarang BPK sedang melakukan pemeriksaan intern sampai Maret mendatang,” kata Harry Azzar Azis saat menghadiri jamuan makan malam Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek  Ishak di Pendopo Lamin Etam, Minggu malam (18/1).

Pejabat Eselon I BPK diminta segera memberi tahu Pemprov Kaltim, apabila  ketika ada hal-hal  yang perlu dan bisa diselesaikan. Sementara daerah bertugas menyelesaikan dengan menindaklanjuti temuan yang dianggap tidak sesuai ketentuan perundang-undangan.

Dia yakin jika berhasil,  Kaltim bisa kembali memperoleh opini WTP atau penilaian terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah. Namun dia minta perolehan opini WTP tidak sekedar menjadi kebanggan politik. Idealnya WTP tidak hanya mencerminkan pengelolaan keuangan baik, tapi harus menunjukan penurunan angka kemiskinan  serta kesejahteraan masyarakat semakin baik.

“Pengelola keuangan negara harus mengukur setiap rupiah uang negara yang dikeluarkan bisa berdampak besar terhadap penurunan angka kemiskinan dan jumlah pengangguran serta seberapa besar memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat dan lain sebagainya. Makanya kita akan undang gubernur dan bupati/walikota untuk mengukur indikator kesejahteraan masyarakat dari penggunaan uang negara,” jelasnya.

Sementara Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak berharap penilaian pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2014 lebih baik dari tahun sebelumnya. Dia menargetkan  kembali mendapat opini WTP seperti yang pernah diraih 2012.

“Prinspinya Pemprov mendukung penghematan keuangan negara. Sejak dicanangkannya Kaltim sebagai island of integrity, sudah banyak yang dilakukan dan berhasil dicapai dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa,” tegasnya.

Jamuan makan malam juga dirangkai penyerahan cinderamata dari Gubernur Kaltim kepada Ketua BPK dan sebaliknya. Nampak hadir Bupati Kukar, Rita Widyasari dan  unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kaltim, serta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).(ist/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek  Ishak menyerahkan cendra mata kepada Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Harry Azhar Azis.(Ist)

Berita Terkait
Government Public Relation