Wagub Buka Even Borneo Open 2 Archery Championship 2016


BALIKPAPAN-Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengharapkan dengan digelarnya even Borneo Open  2 Archery Championship 2016, dapat melahirkan bibit-bibit baru di cabang olaharaga panahan yang handal dan berprestasi  yang dapat membawa nama harum daerah Kaltim khususnya dan Indonesia umumnya baik ditingkat nasional maupun intenasional.

Apalagi  sebentar lagi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di  Jabar,  Untuk itu, segala sesuatu untuk mencapai target pada PON mendatang harus dipersiapkan dengan  baik mulai sejak dini. Pembibitan atlet-atlet muda mutlak harus dilakukan melalui program-program pelatihan yang terfokus, maupun melalui berbagai kejuaraan seperti  even Borneo Open  2 Archery Championship 2016 diharapkan bermunculan atlet panahan yang berprestasi.

"Semoga  melalui kejuaraan ini, kita mampu melahirkan kader-kader atlet panahan  tangguh dan berprestasi. Guna mencapai hasil yang terbaik di PON XIX nanti, kita juga harus melakukan regenerasi dan pembinaan dengan baik," kata  Mukmin Faisyal, saat membuka even Borneo Open  2 Archery Championship 2016 di yang dilaksanakan di lapangan Tenis Center Balikpapan, Sabtu (26/3).

Potensi atlet daerah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin,  karena itu menjadi hal penting untuk memberikan kebanggaan bagi masyarakat Kaltim. Seluruh pemangku kepentingan di setiap cabang olahraga juga harus optimis bahwa Kaltim masih memiliki potensi atlet terbaik yang dapat menjadi andalan, tidak terkecuali Cabor panahan.

"Pembinaan atlet sejak dini menjadi salah satu upaya kita  untuk mendapatkan atlet terbaik. Pengurus masing-masing daerah diharapkan mampu merumuskan program pelatihan selain menyusun program penjaringan atlet berbakat. Salah satunya adalah melalui kejuaraan seperti yang dilaksanakan hari ini," ujarnya.

Mukmin juga mengharapkan, agar penyelenggaraan even Borneo Open  2 Archery Championship 2016 dapat berjalan lancar dan sukses, karena itu panitia dan peserta harus menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding, jadikan ajang ini mempererat talisilaturahin antar atlet serta shering berbagi pengalaman. Bagi atlet yang belum berhasil dalam even ini, kiranya jangan berkecil hati,  tetapi harus terus dan teruslah berlatih sehingga pada even lainnya nanti bisa mendapatkan prestasi yang gemilang.

"Sementara yang berhasil mencapai prestasi, jangan  berbangga diri dan sombong, tetapi prestasi yang diraih bisa menjadi motivasi untuk terus berlatih dan berlatih dalam menghadapi even selanjutnya,"pesan Mukmin.

Ketua panitia penyelenggra Kusuma Ismail dalam laporannya mengatakan pelaksanaan even Borneo Open  2 Archery Championship 2016,  mulai tanggal 25-27 Maret 2016  diikuti 190 peserta yang beradasal dari 19 klub di 10 kabupaten/kota serta peserta dari bebrapa dari luar daerah seperti dari Biak dan dari negeri Jiran Malaysia Kota Kinibalu.

"Adapun kelas yang dipertandingkan yaitu standar bow pemula SD jarak 5 meter, standar bow SD prestasi 10 meter, standar bow SMP 15 meter, standar bow SMA/umum 18 meter. Dan  pertandingan persabahatan exibibition  klas recurve dan compound," kata Kusuma.(mar/hmsprov).    

Berita Terkait
Government Public Relation