Web Disbun Kaltim Masuk 10 Besar Nasional

 

Web Disbun Kaltim Masuk 10 Besar Nasional

 

SAMARINDA -  Situs web milik Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim yang beralamat http://disbun.kaltimprov.go.id kembali masuk nominasi 10 besar secara nasional dalam lomba website yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian.

“Kita bersyukur web Disbun kembali masuk 10 besar dari 62 website satuan kerja perangkat daerah (SKPD) provinsi lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia,” kata Kepala Disbun Kaltim, Hj Etnawati sesaat setelah pembukaan Kaltim Expo 2014, Jumat (22/8).

Menurut dia, nominasi nasional tersebut  untuk kategori pelayanan publik online karena Disbun dinilai telah mampu memberikan pelayanan publik melalui sarana teknologi informasi dengan baik tim penilai dari Pusdatin Kementan.

Lomba  web nasional ini ujar Etna, telah berlangsung sejak April lalu dan lomba ini  merupakan ajang kesebelas kalinya dengan tema Situs Web sebagai sarana keterbukaan informasi untuk meningkatkan partisipasi publik menuju tata kelola Pemerintahan yang baik.

Sedangkan pesertanya terdiri dari unit Eselon I di lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota serta UPT pusat seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web.

Etna mengakui Disbun Kaltim terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan akses. “Tujuannya untuk memaksimalkan dan permudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat petani dan pekebun,” jelasnya.

Fasilitas ini untuk memudahkan petani dan masyarakat mengetahui perkembangan harga sejumlah komoditas perkebunan di daerah. “Langkah ini untuk menuju penerapan e-Government sekaligus memudahkan komunikasi dan informasi meskipun jarak jauh,” ujarnya.

Berdasarkan penetapan daftar peserta lomba situs Web Kementan 2014, maka nominasi 10 situs web kategori SKPD provinsi dinilai tim juri sejak (18/8) hingga (17/10) yakni Dinas Peternakan Sumbar, Badan Ketahanan Pangan Riau dan Dinas Peternakan Jabar.

Dinas Perkebunan dan Badan Ketahanan Pangan Daerah Jabar, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Banten, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura NTB  serta  Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Dinas Perkebunan Kaltim.

Diterangkan Etna, web Disbun telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian. “Diantaranya enam kali nominasi 10 besar terbaik dan  tiga kali meraih juara kedua nasional yakni tahun 2005 serta 2011 dan 2012,” ungkapnya.(yans/hmsprov)

Berita Terkait