Zairin: Kejutan Bagi Kaltim

Rute Baru SAMS Sepinggan King Abdul Aziz

 

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan Kaltim  H Zairin Zain mengatakan,  peresmian  rute baru penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan langsung menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi merupakan suatu kejutan bagi Pemprov Kaltim.

Dibukanya  rute langsung tersebut akan memudahkan umat muslim di Kaltim untuk melaksanakan ibadah, baik untuk  menunaikan ibadah haji maupun umrah tanpa harus transit di berbagai daerah yang biasa dilaksanakan selama ini. Hal ini sudah sejak lama diharapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.   

"Terobosan yang dilakukan oleh PT Garuda Indonesia  dengan membuka  rute dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan langsung ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi merupakan suatu kejutan. Terobosan ini sudah lama dinanti-nantikan oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak," kata Zairin Zain, Kamis (3/12).

Rute baru  penerbangan yang dibuka PT Garuda Indonesia sangat positif dan hal tersebut memang sudah lama dicitaka-citakan Gubernur Kaltim. Sebelummnya bahkan sudah melakukan  koordinasi dengan Garuda Indonesia dan maskapai lain agar bisa merealisasikan rute tersebut.

Dengan pembukaan rute langsung tersebut, otomatis banyak keuntungan yang didapat, bukan saja efesiensi waktu dan biaya, tetapi juga memberikan kemudahan bagi daerah di Kalimantan bahkan dari Sulsel, maupun Sulteng  yang masyarakatnya akan melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Untuk memfasilitasi penerbangan umrah langsung ini, pihak Garuda telah menyiapkan pesawat Airbus 330-300 berkapasitas 360 penumpang. Nantinya, pesawat akan transit terlebih dahulu ke Bandara Kuala Namu Medan untuk refueling.

"Desember ini, sudah  mulai  memberangkatkan jamaah umrah, bahkan akan dilakukan 3 kali dalam seminggu untuk melayani  jemaah umrah. Untuk penumpang perdana sebanyak 190 jemaah dan 3 hari kedepan sudah ada 360 orang dan kursi sudah penuh," tambah Zairin. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation