Zulkifli: Semangat Gubernur Wajib Dijadikan Contoh

Gubernur Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada Serentak di Kaltim

SAMARINDA – Ketua Dewan Perwakilan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN), Zulkifli Hasan secara pribadi menyampaikan pujiannya kepada Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak dalam acara Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) IV PAN Provinsi Kaltim, di Hotel Mesra, Rabu (11/11). Hal ini dikarenakan, Gubernur Awang mau menyempatkan hadir di acara tersebut, di tengah jadwal padat yang dimilikinya.

“Masyarakat Kaltim harus menjadikan sosok Gubernur Awang Faroek sebagai panutan. Tidak hanya semangatnya saja yang patut diberi apresiasi, kegigihan dan perjuangan tanpa lelahnya untuk memajukan Kaltim pun wajib untuk dijadikan contoh,” kata Zulkifli.

Zulkifli yang juga merupakan Ketua MPR RI ini menyebutkan hal tersebut berkaitan dengan semangat Awang Faroek ketika menjadi pemimpin. Sudah tiga kali Awang Faroek menjadi Kepala Pemerintahan, dimulai dengan kiprahnya saat menjabat sebagai Bupati Kutai Timur, hingga dua periode menjabat sebagai Gubernur Kaltim.

“Kegigihan seperti ini hanya dapat dilihat dalam diri orang yang memiliki semangat tinggi,” tegasnya.

Kehadiran Gubernur Awang dalam acara tersebut memberikan contoh bahwa kehidupan berpolitik dapat berjalan dengan damai dan dalam suasana kekeluargaan. Tidak hanya itu, koalisi atau bersatunya partai-partai politik pun telah menjadi salah satu elemen penting dalam kehidupan berpolitik.

“Perbedaan partai bukanlah penghalang untuk hidup berdampingan. Bahkan, saya dapat kembali menjabat sebagai Gubernur Kaltim pada 2010 karena mendapatkan dukungan dari 12 Parpol, termasuk PAN,” sebut Awang Faroek.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Awang Faroek menyampaikan pula bahwa sejak tahun 2000, dirinya telah memiliki hubungan baik dengan partai berlambang matahari putih tersebut. Bahkan, Gubernur Awang mengakui, Mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais lah yang mendorongnya untuk menjadi Bupati Kutai Timur pada saat itu.

Menimbang hal ini, orang nomor satu di Kaltim ini meminta kepada sebanyak 134 anggota dan 90 orang peninjau dari DPD/DPC PAN seluruh Kabupaten/Kota di Kaltim yang hadir untuk terus menjadi pelopor reformasi. Ia juga mengharapkan PAN dapat semakin berkembang dan menjadi pemersatu bangsa.

Salah satunya dapat dicapai dengan mengajarkan demokrasi yang baik dan benar kepada masyarakat. Ini dilakukan dalam rangka menyambut Pilkada serentak yang akan dilangsungkan pada 9 Desember nanti.

Masyarakat harus paham bahwa perbedaan dalam demokrasi adalah hal yang biasa. Masyarakat tidak boleh bersikap apatis dan masa bodoh. Mereka diharuskan untuk dapat berpolitik secara dewasa dan menjunjung tinggi demokrasi.

“Marilah bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak dengan menjaga keamanan di daerah masing-masing,” tegasnya.

Terakhir, dalam semangat Muswil IV ini, Gubernur berharap PAN dapat mensinergikan program kerjanya dengan prinsip Trisakti dan Nawacita dari pemerintahan Presiden Jokowi dan ikut berperan dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi. (aka/humasprov)

//Foto: SUDAH TIGA KALI. Zulkifli Hasan menyalami Gubernur Awang Faroek usai pembukaan Muswil IV PAN Kaltim (seno/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation