10 Lulusan Terbaik Berlanjut ke Australia

Diklat Bahasa Inggris dan Prajabatan Berakhir

SAMARINDA – Sepuluh peserta terbaik dari 30 peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) Bahasa Inggris akan melanjutkan pendidikan yang sama ke Australia. Dengan upaya ini diharapkan mampu memacu sejumlah peserta untuk mencapai prestasi lebih baik.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim H  Syafruddin Pernyata pada penutupan Diklat Bahasa Inggris yang diikuti 30 peserta bagi kalangan SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim dan  Diklat Prajabatan golongan 1 dan 2 yang diikuti 31 peserta  untuk angkatan V Tahun 2014  di Aula Bandiklat, Senin (12/5).

Menurut dia untuk mendapat sesuatu yang baik memang harus serius meskipun memerlukan biaya cukup besar, karena ilmu tidak bisa dinilai dengan materi.  "Kita harus berani mengeluarkan anggaran cukup besar meskipun hanya untuk 10 orang demi meningkatkan kapasitas mereka di bidang Bahasa Inggris sebagai investasi jangka panjang," ujarnya.

Syafruddin meyakini, setelah mendapat tambahan ilmu  dari proses pelatihan tersebut, para pegawai itu akan memberi manfaat lebih pada instansi masing-masing dalam menghadapi era pasar bebas ASEAN 2015. 

"Masyarakat Singapura dan Thailand juga Malaysia, sudah menggunakan Bahasa Inggris sebagai  komunikasi sehari-hari. Bangsa kita tidak boleh tertatih-tatih dengan bahasa internasional ini, khususnya generasi muda harus ikut terpacu untuk belajar dan mengerti," tegas Syafrudin.  

Terkait Diklat Prajabatan untuk Golongan 1 dan 2,  Syafruddin Pernyata mengatakan, peserta Diklat Prajabatan kali ini tidak sekadar mendapat ilmu tapi juga tips menjadi PNS yang berintegritas tinggi. Selain itu, Diklat Prajabatan dapat membentuk sosok PNS yang memiliki kompetensi andal dan professional.

"Mereka dibekali materi pelatihan selain membentuk mental dan fisik, juga harus  mampu memahami bagaimana menjalankan profesi sebagai PNS, selain itu sebagai abdi negara juga harus menjadi perekat bangsa, termasuk pendidikan  perilaku serta kejujuran," jelasnya.

Melalui Diklat Prajabatan dapat menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik.

"Selama Diklat,  peserta mampu menunjukan rasa disiplin dan memiliki dedikasi tinggi sehingga diyatakan lulus semua dengan predikat memuaskan," katanya. (sar/sul/es/hmsprov).

///FOTO :  Sejumlah peserta Diklat Bahasa Inggris.(sarjono/humasprov)

 

Berita Terkait