10 Rumah Sakit Pratama Siap Dibangun
SAMARINDA-Pemprov Kaltim sangat serius memperhatikan pembangunan bidang kesehatan, salah satunya dengan membangun 10 Rumah Sakit Pratama yang tersebar di wilayah, Krayan, Sebuku, Long Apung, Pimping, Bunyu, Talisayan, Sangkulirang, Batu  Engau, Batu  Sopang, Ujoh Bilang dan Kembang Janggut.     
"Tujuan membangun Rumah Sakit Pratama adalah untuk pemerataan fasilitas kesehatan dan mengangkat derajat kesehatan masyarakat di wilayah Kaltim khususnya di pedalaman," kata Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Hj Rini Retno Sukesi, belum lama ini. 
Dengan dibangunnya Rumah Sakit Pratama, penanganan kesehatan semakin dekat dan masyarakat diberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, berkeadilan dan merata, khususnya untuk mempercepat peningkatan derajat kesehatan rakyat karena setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan.  
“Lokasi yang akan dibangun sudah siap, tinggal pematangan lahan saja," ungkapnya. 
Dijelaskan, pengertian Rumah Sakit Pratama adalah rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan tingkat pratama dan spesialis dasar yang hanya menyediakan pelayanan perawatan kelas tiga yang memberikan pelayanan gawat darurat, pelayanan rawat jalan, inap serta pelayanan penunjang lainnya untuk peningkatan akses bagi masyarakat dalam rangka menjamin upaya pelayanan kesehatan. 
"Selain itu Rumah Sakit Pratama mempunyai fasilitas dan kemampuan pelayanan kesehatan dasar dengan tidak membedakan kelas perawatan yang didukung dengan pelayanan gawat darurat selama 24 jam," ujarnya.  
Selain itu, saat ini Pemprov Kaltim juga  memberikan dukungan penuh untuk pembangunan dan pengembangan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)  24 Jam di daerah terpencil, pedalaman dan perbatasan sebanyak 127 dari target 224 Puskesmas di seluruh Kaltim. (sar/hmsprov).
 
///FOTO :   Hj Rini Retno Sukesi
 
Berita Terkait
Government Public Relation