109 Warga Eks Anggota Gafatar Dipulangkan Dari Samarinda

SAMARINDA - Sedikitnya 109 warga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang berada di Kota Samarinda telah dijadualkan dipulangkan ke daerah asal mereka pada Sabtu hari ini (30/1).

Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto mengatakan, pemulangan eks anggota Gafatar tersebut berdasarkan surat Pemkot Samarinda dengan Nomor 460/84/TU.1/DKS/2016 tanggal 28 Januari 2016 perihal pemulangan eks anggota Gafatar dari Samarinda.

"Eks anggota Gafatar akan dipulangkan menggunakan pesawat dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan  dengan tiga wilayah tujuan," kata Yudha.

Ketiga wilayah itu masing-masing Jakarta, Semarang dan Makassar. Data warga yang telah diverifikasi yakni Jakarta sebanyak 23 orang, Semarang 37 orang dan Makassar sebanyak 49 orang.

"Tidak ada masalah dengan pemulangan warga eks anggota Gafatar. Kami akan terus lakukan pemantauan agar proses pemulangan ini berjalan lancar, aman dan tertib," sambung Yudha. 

Oganisasi Gafatar di Kaltim berkembang di Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Barat, Kota Bontang, Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Kartanegara. Berdasarkan rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kaltim yang dipimpin Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak beberapa waktu lalu telah disepakati pembekuan Gafatar di Kaltim karena dianggap sebagai organisasi terlarang. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait