1.096 Peserta Ramaikan Festival Borneo 2015

1.096 Peserta Ramaikan Festival Borneo 2015

SAMARINDA - Sebanyak 1.096 peserta dari lima provinsi se-Kalimantan dan 10 kabupaten/kota se-Kaltim dengan berbagai etnis meramaikan penyelenggaraan Festival Borneo 2015 yang dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, 1-6 September 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim HM Aswin mengatakan rangkaian penyelenggaraan tersebut dimulai dengan welcome dinner peserta bersama Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam dan Pemilihan Putri Pariwisata Kaltim, Selasa malam (1/9). 

Setelah welcome dinner, siang kemarin dilaksanakan Parade Budaya. Sedangkan pembukaan Festival Borneo oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Lapangan Parkir Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Rabu malam (2/9).

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan seni dan budaya pariwisata Kalimantan, khususnya Kaltim. Selain mengenalkan obyek wisata, dengan kegiatan ini, masyarakat juga akan mengetahui seni dan budaya masing-masing daerah," kata Aswin ketika menghadiri Parade Budaya Festival Borneo 2015 yang dihadiri Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, Ketua DPRD Kaltim H Syahrun, Pj Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar serta pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi se-Kalimantan.

Selanjutnya, Kamis (3/9) dilaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah Tujuan Wisata (WTW) 2015 yang dihadiri dan dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya. Selain itu, rangkaian kegiatan lainnya hingga 6 September 2015, antara lain lomba tari kreasi pesisir daerah, lomba kuliner tradisional, lomba busana kreasi motif batik daerah, lomba musik dan lagu kreasi daerah dan pameran nasional festival borneo.

“Kami berharap masyarakat dapat mengunjungi dan menyaksikan kegiatan ini, sehingga mengenal lebih banyak seni dan budaya Kalimantan. Pembukaan dan penutupan acara, kami juga mengundang artis ibukota,” jelasnya. (jay/sul/es/adv)     

 

Berita Terkait