11 Pokdarwis Nominasi Lomba Provinsi

 

SAMARINDA – Sebanyak 11 kelompok sadar wisata (pokdarwis) pemenang lomba dari 10  kabupaten dan kota masuk dalam nominasi lomba tingkat Provinsi Kaltim. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Syafruddin Pernyata, perkembangan dan kemajuan kepariwisataan di suatu daerah tidak terlepas dari peran aktif Pokdarwis. “Pokdarwis dan penggiat pariwisata sangat berperan atas kemajuan kepariwisataan,” katanya saat berkunjung ke Pokdarwis Kuala Abadi Bontang Kuala, Rabu (26/7)

 

Didampingi Kepala Bidang Pengendalian Usaha Jasa Pariwisata Antoni Rachman, dijelaskan tanpa adanya peran aktif dan dukungan penggiat pariwisata maka pergerakan dan kemajuan serta pengembangan pariwisata terasa lambat. Dia mengungkapkan perkembangan kepariwisataan Kaltim khususnya pariwisata di kabupaten dan kota cukup pesat diiringi dengan semakin bertambah jumlah pokdarwis.

 

Jumlah pokdarwis pada 2013 masih berada pada kisaran delapan kelompok. Sementara pada 2016 sudah mencapai 84 pokdarwis yang menyebar di seluruh daerah di Kaltim. “Keberadaan pokdarwis berpengaruh signifikan terhadap pengembangan dunia pariwisata di daerah bahkan nasional,” ujarnya. Sebagai pembinaan sekaligus melihat kinerja pokdarwis maka Dispar bersama tim penilai melakukan monitoring pada 11 pokdarwis pemenang tingkat kabupaten dan kota.

 

“Selanjutnya, kita akan menilai para juara kabupaten/kota untuk tingkat provinsi nantinya  mewakili Kaltim di lomba tingkat nasional,” ungkapnya. Pokdarwis yang dinilai diantaranya Pokdarwis Kuala Abadi Bontang Kuala dan Pokdarwis Benua Etam Kelurahan Guntung Bontang serta Pokdarwis Rindang Benua Kutai Timur. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation