12 Ribu Tikus Tertangkap

Gerakan Massal Pemberantasan Hama Tikus

PENAJAM - Setidaknya 12.102  ekor  tikus sawah berhasil ditangkap dan dimusnahkan dalam Gerakan Massal  Pemberantasan Hama Tikus di Desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (11/11).
Kegiatan ini digagas Unit Pelaksana Teknis Daerah Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPTD-PTPH) yang bekerjasama dengan PT Pupuk Kaltim  ini memberikan  konpensasai Rp1.500 per ekor yang ditangkap petani.
“Kita bersyukur gerakan massal pemberantasan hama tikus ini dapat sukses dari target semula 10 ribu ternyata tikus yang tertangkap 12 ribu lebih. Kegiatan ini akan kita terus laksanakan secara berkesinambungan di kecamatan lain di Kaltim,” tegas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim, H Ibrahim.
Menurut dia, partisipasi petani dalam kegiatan pemberantasan hama tikus ini patut diapresiasi karena petani sangat sadar akan kerusakan yang ditimbulkan hama tikus. Sehingga kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan pada awal musim tanam untuk menekan kerusakan yang ditimbulkan.
Kegiatan yang dipusatkan di Desa Sebakung Jaya Kecamatan Babulu,  dilakukan tiga hari sejak hari Sabtu (9/11) dengan melibatkan masyarakat petani dan pemusnahan hama tikus ini juga disaksikan Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar.
Sementara itu, Kepala UPTD-PTPH, Ir H Muhammad Alimuddin, mengatakan kegiatan ini merupakan permintaan petani. Pihaknya merespon melalui  kerjasama dengan PT Pupuk Kaltim yang menyiapkan  dana CSR (Coorporate Social Responsibility).
Alimuddin menjelaskan tujuan dari Gerakan Pengendalian Massal Hama Tikus ini adalah memotivasi masyarakat petani dalam pengendalian dan pemberantasan tikus, dengan sasaran dapat meminimalisir serangan tahun ini.
“Kita akan memanfaatkan kerjasama dengan perusahaan swasta sehingga tidak menggunakan dana APBD. Semoga kerjasama ini dapat diikuti perusahaan lain di Kaltim sebagai bentuk  kepedulian dan peningkatan produksi pertanian di daerah ini,” ujarnya.(yul/hmsprov)

///FOTO : Puluhan ribu tikus yang berhasil ditangap petani pada Gerakan Massal  Pemberantasan Hama Tikus di Desa Sebakung Jaya, Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.(yuliawan/humprov kaltim)


 

Berita Terkait