Kalimantan Timur
12 Siswa Masuk Nominator Lomba Resensi Buku


SAMARINDA – Sebanyak 12 siswa dari 49 peserta terpilih dan masuk nominator Lomba Resensi Buku bagi siswa SMP/MTs negeri dan swasta se-Kaltim. Keduabelas siswa tersebut berasal dari enam kabupaten dan kota.

Enam daerah itu, yakni Samarinda, Kabupaten Paser dan Kutai Kartanegara (Kukar), masing-masing tiga orang. Sementara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Timur (Kutim) serta Kota Bontang masing-masing menyisakan satu orang siswa.

Kepala Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim Hj Ardiningsih mengatakan lomba resensi buku ini sangat penting terutama untuk menumbuhkan kemampuan siswa berpikir kritis.

"Melalui lomba ini kita terus berupaya meningkatkan dan menumbuhkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dalam membaca karya tulis fiksi maupun non fiksi," katanya usai membuka presentasi Lomba Resensi Buku di Ruang Pustaka Utama, Selasa (14/6).

Selain itu, lomba ini diharapkan mampu memotivasi dan membiasakan siswa untuk menulis karya ilmiah melalui pembuatan resensi buku fiksi maupun non fiksi.

Sementara itu Kabid Pembinaan dan Pengembangan Sumindar mengemukakan lomba dilaksanakan sejak April hingga Juni dan diikuti 49 siswa.

"Puncaknya menghasilkan 12 nominator yang wajib mengikuti presentasi pada 13-14 Juni untuk menentukan juara satu, dua dan tiga serta juara harapan dan favorit," ujar Sumindar.

Lomba resensi buku melibatkan dewan juri dari Kantor Bahasa dan penulis Kaltim, Biro Ekonomi Setprov dan Badan Perpustakaan Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait