13 Mei Launching Pelabuhan Ekspor Karingau

SAMARINDA - Jika tidak ada aral melintang, Jumat, 13 Mei 2016 mendatang akan menjadi momen bersejarah bagi Kaltim, khususnya Kota Balikpapan. Pasalnya, pada hari itu akan dilakukan launching pelabuhan Karingau Balikpapan menjadi pelabuhan ekspor di Kaltim.  
Peresmian Pelabuhan Karingau sebagai pelabuhan ekspor akan dilakukan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama manajemen  PT. Pelindo (Pelabuhan Indonesia) dan rencananya disaksikan oleh Menteri Perdagangan    Thomas Trikasih Lembong, Menteri Perindustrian  M Saleh Husein dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.  
"Selain launching Pelabuhan Kariangau sebagai pelabuhan ekspor, juga sekaligus akan dilepas beberapa produk unggulan Kaltim yang akan diekspor  ke beberapa  negara melalui pelabuhan tersebut," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kaltim Ir Tri Murti Rahayu, Kamis (28/4).      
Persiapan saat  ini sudah dilakukan oleh PT Pelindo dan diharapkan pada hari pelaksanaan nanti semua bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan. Selain di Pelabuhan Kariangau, nantinya Kaltim  juga akan memiliki pelabuhan ekspor lainnya seperti di Maloy,  Kutai Timur, sehingga dengan keberadaan pelabuhan tersebut tentu akan mempermudah dalam melakukan ekspor langsung  produk-produk unggulan  Kaltim ke negara-negara tujuan  dengan biaya rendah.  
"Keberadaan Pelabuhan Karingau  Balikpapan sebagai pelabuhan ekspor tentu berdampak pada penyerapan tenaga kerja.  Jadi kehadirannya akan memberi dampak  mengurangi angka pengangguran dan meningkatan taraf hidup masyarakat," kata Tri Murti. (mar/sul/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation