15 Mahasiswa Double Degree Kaltim Ikuti Pelatihan di New Zealand

15 Mahasiswa Double Degree Kaltim Ikuti Pelatihan di New Zealand

SAMARINDA - Sedikitnya 15 mahasiswa Double Degree S2 Bahasa Inggris dari Universitas Mulawarman (Unmul) dan Universitas Adelaide Australia mengikuti pelatihan peningkatan toefl atau academic english and IELTS Preparation di Auckland University New Zealand selama dua minggu, yakni 3-15 Februari 2014. 

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim mengatakan, pelatihan yang dilakukan 15 mahasiswa S2 tersebut perlu dilaksanakan karena program pelatihan peningkatan toefl atau academic english and IELTS Preparation merupakan syarat untuk mengikuti program double deggre di Universitas Adelaide.

“Universitas Adelaide tidak memiliki program tersebut, sehingga harus dilakukan di New Zealand,” kata Musyahrim di Samarinda, Selasa (4/2).

Menurut dia, pelatihan itu dilakukan karena kerjasama yang dilakukan antara Unmul dengan Universitas New Zealand. Melalui program tersebut, diharapkan seluruh mahasiswa yang masuk dalam program S2 double degree Unmul dan Adelaide Australia lebih memahami pembelajaran tentang Bahasa Inggris.

Terutama pengembangan pengetahuan Bahasa Inggris bagi peserta didik di daerah. Program double degree merupakan salah satu program yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan di daerah ini.

“Program ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan guru-guru Bahasa Inggris di Kaltim. Karena Bahasa Inggris memang harus mendapat perhatian khusus. Jadi, pembelajaran bahasa tersebut bukan hanya sebatas proses belajar mengajar, tetapi yang diharapkan adalah ketika lulus, para siswa SMP sudah aktif  berbahasa Inggris,” jelasnya.

Sebagai informasi, pembiayaan program ini seluruhnya didanai melalui APBD Provinsi tahun anggaran 2013 yang jumlahnya mencapai Rp1,2 miliar. Itu termasuk biaya perkuliahan yang dilaksanakan di Unmul selama satu tahun. Sehingga ketika lulus memiliki dua ijazah, baik dari Unmul dan Universitas of Adelaide. (jay/hmsprov).

///FOTO : H Musyahrim

Berita Terkait