15 September SBY ke Kaltim

Resmikan dan Groundbreaking Proyek MP3EI

 

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meresmikan dan melakukan groundbreaking sejumlah proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kaltim pada Semptember 2014 yang dipusatkan di Bandara Sepinggan Balikpapan.

Proyek yang akan digroundbreaking Presiden SBY antara lain pembangunan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim dan pembangunan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) sedangkan yang diresmikan, antara lain terminal baru Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, 3 Bandara di Wilayah Perbatasan, Long Bawan Nunukan, Long Apung Malinau, Data Dawai Mahakam Ulu serta sejumlah proyek lainnya di Kaltim.

“Insya Allah 15 September bulan depan Bapak Presiden akan datang ke Kaltim untuk meresmikan dan melakukan groundbreaking sejumlah proyek MP3EI yang ada di Kaltim. Kegiatan ini, disesuaikan dengan efisiensi agenda Presiden. Mudah-mudahan dapat terlaksana,” kata Awang Faroek Ishak usai membuka pameran pembangunan dan expo Kaltim 2014 di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Jumat (22/8).

Informasi tersebut diterima Gubernur Kaltim melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung baru-baru ini. Selain itu, Chairul Tanjung juga direncana akan meresmikan sejumlah proyek MP3EI di Kaltim, yakni kawasan ekonomi khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan serta sejumlah proyek yang lain di Kaltim.

Meski demikian, gubernur berharap seluruh rakyat Kaltim patut bersyukur, karena Kaltim mampu memanfaatkan momentum yang saat ini dilakukan Pemerintah Pusat, yakni dengan adanya program MP3EI.

Melalui program tersebut daerah bisa menggunakan anggaran bukan hanya melalui APBN dan APBD, tetapi juga menggunakan bantuan dan dukungan dari pihak BUMN dan investor. “Hal ini harus dimanfaatkan pemerintah daerah. Karena itu, diharapkan ke depan makin banyak para investor asing dapat menanamkan modalnya ke daerah, sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya.(jay/adv)

 

//Foto: DIRESMIKAN SBY. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (depan, kedua dari kanan) saat melakukan peninjauan Bandara Sepinggan. (dok/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation