1.658 Pencari Kerja Berkompetisi untuk 2.078 Lowongan Kerja

SAMARINDA – Sebanyak 1.658 orang pencari kerja akan berkompetisi untuk dapat mengisi 487 jabatan dan 2.078 lowongan kerja yang ditawarkan oleh 82 perusahaan dari berbagai sektor usaha di Kaltim.
Dari 487 jabatan tersebut memerlukan antara 10 sampai 1.000 pekerja di semua tingkatan pendidikan mulai dari SLTA hingga Sarjana.  Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Disnakertrans Kaltim, HS  Abdullah usai mendampingi Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy,  berkeliling melihat meja-meja lamaran kerja yang disediakan untuk perusahaan penyedia tenaga kerja di Aula Disnakertrans Kaltim, Rabu (10/4).
Menurut Abdullah, pengalaman setiap tahun terdapat  lowongan kerja tidak terisi maksimal oleh pencari kerja karena pencari kerja  belum dapat memenuhi syarat-syarat kompetensi yang diinginkan oleh perusahaan.  Apalagi, masih banyak perusahaan yang mensyaratkan pencari kerja harus memiliki pengalaman kerja dan kompetensi kerja bidang tertentu.
“Itulah kendala kita, sementara pencari kerja lokal kebanyakan masih pencari kerja  pemula yang tidak memiliki pengalaman kerja. Begitupun kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan tidak sesuai dengan kompetensi kerja yang diinginkan oleh perusahaan,” jelasnya.
Pelaksanaan Pameran Bursa Kerja atau Job Market Fair Tahun 2013 merupakan gelaran keempat sejak 2010 kerjasama penyelenggaraan antara Disnakertrans Kaltim  dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Kadin   Kaltim  dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Institute.
Sementara  pelaksanaan tahun 2013 ini akan dilaksanakan juga di empat  kota yakni Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Kota Tarakan  bekerja sama dengan Pemerintah Kota setempat yang ditargetkan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 3.000 orang. Pada Pameran Bursa Kerja 2013 ini juga diresmikan  Bursa Kerja Online (BKOL) oleh Wagub Farid Wadjdy dengan alamat website www.infokerja-kaltim.com.
Sejak beroperasi pada  bulan Juni 2012, website ini dibentuk dengan  tujuan untuk melayani kepentingan para pencari kerja dalam mendapatkan informasi tentang lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang beroperasi di Kaltim.
“Sampai dengan 21 Maret 2013 telah tercatat sebanyak 20.694 pencari kerja yang memanfaatkan akses website tersebut,” jelasnya.
Dalam kesempatan ini, juga diberikan penghargaan kepada UMKM yang berpartisipasi dalam Pameran Bursa Kerja 2013 dan pemberian penghargaan kepada Sri Hardini yang meraih juara pertama Asean Skill Competation di Jakarta 15-17 November  lalu untuk bidang Hair Dressing.
Prestasi ini menunjukkan bahwa generasi Kaltim mampu bersaing dengan masyarakat  negara-negara lain di lingkup Asean. Dan diharapkan Kaltim dapat mengikuti kembali Skill Competation ke-10 di Vietnam tahun 2014 mendatang, dengan bidang kejuruan,  kreatif desain, copying softwere, web desain dan teknologi hair dressing. (yul/hmsprov).

////Foto : Wagub Farid Wadjdy berdiskusi dengan para pencari kerja yang memanfaatkan Job Market Fair (JMF) 2013. JMF adalah media bertemunya pencari kerja dan perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja.(yuliawan/humasprov kaltim)

Berita Terkait