17 Pemuda Kaltim Ikuti Program PSP3

SAMARINDA – Terhitung 17 pemuda (dua belas putra dan enam putri) mengikuti program pemuda sarjana penggerak pembangunan di perdesaan (PSP3) yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ketujuhbelas pemuda itu telah mengikuti pembekalan nasional di Cimahi Jawa Barat selanjutnya akan ditempatkan di dua daerah yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Samarinda khususnya di sepuluh desa dari empat kecamatan.

Masing-masing Samarinda ditempatkan di Kelurahan Makroman, Sungai Kapih dan Sindang Sari Kecamatan Sambutan serta Kelurahan Sungai Siring dan Kelurahan Tanah Merah Kecamatan Samarinda Utara.

Sedangkan peserta PSP3 Kabupaten PPU ditempatkan di Desa Giri Purwa dan Desa Sidorejo Kecamatan Penajam serta Desa Babulu Darat, Gunung Makmur dan Gunung Intan Kecamatan Babulu.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim H Fachruddin Djaprie, program PSP3 yang diikuti pemuda di Kaltim dan terseleksi akhir tujuhbelas orang sangat penting dalam membentuk pemuda yang tangguh dan andal.

“Para pemuda dalam program PSP3 ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak pembangunan di pedesaan serta memberdayakan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi dan sumber daya setempat,” ungkap Fachruddin Djaprie.

Selain itu, program PSP3 yang saat ini masih menjadi program nasional dibawah Kemenpora. Selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pemerintah daerah dan menjadi program unggulan di daerah untuk membentuk pemuda Kaltim yang mandiri dan tangguh.

Sementara itu Kepala Bidang Pemuda H Syahril menyebutkan sebelum mengikuti orientasi nasional di terlebih dulu peserta PSP3 asal Kaltim mengikuti orietnasi tingkat provinsi selama tiga haris sejak 14-16 September di Aula Dispora Kaltim.

“Setelah mengikuti pembekalan tiga hari ini, ketujuhbelas peserta PSP3 asal Kaltim  diberangkatkan ke Jakarta oleh Kemenpora untuk selanjutnya mengikuti pembekalan tingkat nasional di Cimahi Jawa Barat pada 16-29 September,” sebut Syahril.(yans/es/adv).

Foto: Facruddin Djaprie mengalungkan tanda peserta orientasi PSP3 asal Kaltim yang akan diberangkatkan ke Jakarta untuk pembekalan tingkat nasional di Cimahi Jawa Barat.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait