2 Menteri Bersama Gubernur ke Pulau Balang

2 Menteri Bersama Gubernur ke Pulau Balang (humasprovkaltim)

PENAJAM - Menggunakan helm putih dan rompi orange, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil berjalan penuh semangat menaiki Jembatan Pulau Balang, Rabu (2/10/2019).

Proyek jembatan yang ditarget tuntas 2021 dengan sokongan APBN Rp1,2 triliun (panjang jalan 2 Km dan jembatan hampir 1 Km) dan APBD sekitar Rp90 miliar (jalan 17 Km).

Menurut Kepala Proyek Jembatan Pulau Balang II Dhono Nugroho didampingi Kepala Dinas PUPR Kaltim HM Taufik Fauzi,akses jalan Penajam ke Pulau Balang sudah bisa dilalui kendaraan. "Sedangkan jalan akses Pulau Balang ke Balikpapan tahun ini ada pembebasan lahan sekaligus desain jalannya. Besaran dana APBD kisaran Rp90 miliaran dengan  panjangnya sekitar 17 Km," sebut Taufik.

Walaupun belum ada jadwal pasti fungsional jembatan. Namun, baik Dhono maupun Taufik meyakinkan Jembatan Pulau Balang akan tuntas dan operasional penuh seiring pembangunan kawasan IKN. "Percayalah, pemerintah pasti menuntaakan jembatan ini seiring pengembangan IKN. Itu pasti," ujarnya.

Gubernur bersama menteri dan rombongan dialog nasional rancang bangun dan kesiapan Kaltim sebagai IKN melanjut perjalanan menuju PT ITCI. Setelah, sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menuju Jembatan Pulau Balang memakan wakti kisaran 35 menit melalui jalur perairan menggunakan kapal dan speedboat.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait