2 Pokdarwis Kaltim Raih Penghargaan AKWSN 2019

ist

JAKARTA - Dua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dari Kalimantan Timur meraih penghargaan naaional dari Kementerian Pariwisata. Penghargaan berupa Apresiasi Kelompok Sadar Wisata Nasional  (AKSWN) Tahun 2019.

Kedua pokdarwis Benua Etam itu meraih kategori Pokdarwis Berkembang. Yakni, Pokdarwis Kuala Abadi Kota Bontang meraih juara kedua dan Pokdarwis Kampung Warna Warni Kabupaten Paser juara keempat.

Penghargaan nasional di bidang pariwisata itu diserahkan langsung Mentri Pariwisata, Arief Yahya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Jakarta, Kamis (26/09/2019) malam.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Siswandi mengungkapkan rasa syukur atas prestasi nasional yang diraih Pokdarwis Kuala Abadi Bontang dan Pokdarwis Kampung Warna Warni Paser.

"Prestasi nasional yang mereka torehkan membawa harum nama Kaltim di nusantara. Berarti provinsi kita memiliki potensi pariwisata hingga ke pelosok daerah," kata Siswandi usai penyerahaan penghargaan AKSWN di Jakarta.

Selain itu, sektor dan potensi pariwisata ini ternyata telah mampu memberdayakan masyarakat. Utamanya ikut terlibat dalam pengembangan kepariwisataan daerah.

"Sektor pariwisata Kaltim sangat besar. Semoga kita bisa jadi destinasi wisata nasional bahkan mancanegara dan mampu menyejahterakan masyarakat," harap Siswandi. Ditambahkannya, selain penghargaan AKWSN untuk Pokdarwis Bontang dan Paser. Juga, Kota Bangun Kutai Kartanegara tepatnya Desa Pela ditetapkan sebagai pemenang kedua katagori Pendampingan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan.

Penghargaan diterima Ketua Pokdarwis Kuala Abadi Bontang Hj Halimah dan Ketua Pokdarwis Kampung Warna Warni Paser Ahmad Afandi. Hadir mendampingi Kepala Bidang Pengendalian Usaha Jasa Pariwisata Hj Srie Iriana serta Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dispar Kaltim HM Taufik Nur dan pejabat lainnya.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation