2 Ribu APD Bantuan Pusat Terbagi Habis

Foto : Ist

SAMARINDA - Dua ribu alat pelindung diri (APD) berupa APD cover all dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat telah terbagi habis.

 

"APD yang kita terima dari pusat sudah didistribusikan ke rumah sakit rujukan dan dinas kesehatan kabupaten dan kota," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak saat konferensi pers di Media Center Penanganan Covid 19 Kaltim, Kamis (26/3/2020).

 

Terhitung ada 13 rumah sakit dan empat dinas kesehatan yang menerima APD terdiri Dinas Kesehatan Kaltim 100 pcs, Dinas Kesehatan Kabupaten Mahakam Ulu 50 pcs dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan 50 pcs.

 

Selanjutnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahrabie Samarinda 300 pcs, RSUD Inche Abdoel Moeis dan RS Tingkat IV Samarinda masing-masing 50 pcs. Berikutnya, RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan 400 pcs, RSUD Beriman Balikpapan 50 pcs dan RS Tingkat II Dr R Hardjanto Balikpapan 100 pcs.

 

RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong Kutai Kartanegara 150 pcs, RSUD Taman Husada Bontang 150 pcs, RSUD Panglima Sebaya Paser 150 pcs, RSUD  Kudungga Kutai Timur 150 pcs, RSUD Dr Abdul Rivai Berau 200 pcs, RSUD Ratu Aji Putri Botung Penajam Paser Utara 50 pcs dan RSUD Harapan Insani Sendawar Kutai Barat 50 pcs.

 

Menurut Andi, pendistribusian disesuaikan dengan kondisi kedaruratan dan jumlah pasien yang ditangani masing-masing rumah sakit.

 

"Sedangkan APD yang diangkut oleh TNI AU itu didistribusikan ke dinas kesehatan baik provinsi màupun kabupaten dan kota sebagai back up, kalau sewaktu-waktu diperlukan rumah sakit di wilayahnya," ungkap Andi.

 

Andi sangat berharap dukungan dan bantuan pusat berupa APD dan beberapa item APD lainnya mampu meningkatkan semangat kerja para dokter dan tenaga medis dalam penanganan pasien Covid 19.(yans/her/humasprov kaltim)

Berita Terkait