20 PNS Belajar ke Adelaide

20 PNS Belajar ke Adelaide

 

ADELAIDE- Sebanyak 20 Pegawai Negeri Sipil terpilih dari sejumlah instansi di lingkungan Pemprov Kaltim mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan singkat Bahasa Inggris di The University of Adelaide, Australia.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kalimantan Timur, Syafruddin Pernyata yang menyertai 20 PNS terpilih untuk belajar ke Australia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim The University of Adelaide yang  sangat informatif dan responsif, sehingga program ini berjalan sesuai rencana.

“Program ini tidak mungkin berjalan sesuai rencana tanpa dukungan yang baik dari jajaran The University of Adelaide. Komunikasi responsif mereka sangat membantu kami dan para PNS kita yang mendapat kesempatan belajar di universitas ini," kata Syafrudin Pernyata,  usai menyampaikan sambutan dalam bahasa Inggris pada acara Welcome Ceremony di University of Adelaide, Australia, Senin pekan lalu.

Sementara kepada para PNS terpilih dalam program ini, Syafruddin Pernyata mengingatkan mereka agar memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya,  mempraktekan ilmu yang dimiliki dan menjalin komunikasi yang baik dengan warga Adelaide.

"Berusahalah hidup harmonis dengan orang tua angkat (host parent) sehingga dapat mengetahui budaya masing-masing. Sepulang dari Australia, kalian sudah harus membawa bekal ilmu yang sepadan dan bermanfaat untuk meningkatkan kontribusi pengabdian dalam tugas sehari-hari sebagai PNS," harap Syafruddin.

Di tempat yang sama, Direktur Centre of Professional and Continuing Education The University of Adelaide, Jo Simpson mengatakan Adelaide merupakan universitas tertua ketiga di Australia dengan berbagai fasilitas canggih yang dapat mendukung proses pembelajaran.

“Adelaide merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, mendapatkan teman baru dan berbagi budaya dengan pelajar  lain dari seantero dunia. Adelaide Uni akan mendukung dengan memberikan fasilitas kartu pelajar sehingga dapat mengakses internet, email, perpustakaan dan kafetaria khusus pelajar Adelaide Uni, “ kata Jo Simpson.

Lebih lanjut Jo Simpson mengatakan Adelaide Uni yang telah berusia 140 tahun merupakan multikultural kampus. Sebanyak 26 ribu mahasiswa dari berbagai belahan Negara ada di sini. Pembelajaran didukung dengan guru professional dan sistem yang terstruktur. Masing-masing pelajar ditempatkan pada orang tua angkat sehingga bertanya apa saja bila menemui kesulitan selama di Adelaide.

Ke-20 PNS terpilih merupakan masing-masing 10 peserta terbaik Diklat Bahasa Inggris Tahun 2013 dan 2014 yang diselenggarakan Bandiklat Kaltim bekerjasama dengan Lembaga Balai Bahasa Universitas Mulawarman. (sul/hmsprov)

//Foto: JALIN KOMUNIKASI. Para PNS yang terpilih mengikuti pendidikan singkat Bahasa Inggris di The University of Adelaide, Australia.(dok/humasprov kaltim).

Berita Terkait