2014 Kaltim Bangun 32 UPK

2014 Kaltim Bangun 32 UPK

 

SAMARINDA - Dalam rangka penanggulangan kemiskinan melalui sosial budaya dan ekonomi, Pemprov Kaltim sangat serius melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Contohnya dengan menyiapkan pembangunan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM sebanyak 32 unit dari 80 kecamatan se-Kaltim hingga 2014.

Masyarakat adalah pelaku utama, sehingga karena itu maka Pemprov Kaltim berkewajiban menyiapkan kelembagaan tersebut.  Lembaga ini akan berperan penting dalam pelaksanaan program ini.

“Bayangkan jika satu desa tidak ada kantor desanya, tentu tidak ada yang bisa diperbuat. Karena itu, Pemprov Kaltim berkewajiban mendukung program tersebut dengan cara membangun UPK di masing-masing kecamatan. Apalagi, dalam kecamatan di masing-masing kabupaten ada tiga fungsi yang saling mendukung menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan, yaitu UPK, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Badan Pengawas Unit Pengelola Kegiatan (BPUPK),” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim HM Jauhar Efendi, Kamis (11/12).

Melalui pembangunan gedung tersebut, maka secara otomatis Pemprov Kaltim mendukung sinergisitas tiga fungsi itu. Sebab, di masing-masing kecamatan sebelumnya tidak memiliki tempat dan terpisah-pisah.

Satu contoh yang dikemukakan  adalah UPK di Kabupaten Berau, tepat gedung UPK di Kecamatan Nipah-Nipah yang telah berfungsi sebagai tempat usaha digital printing untuk masyarakat.

“Memang kita menyadari sebelum pisah dengan Kaltara ada 116 kecamatan se-Kaltim, dengan harapan 50 persen dari 116 kecamatan selama dua tahun sejak 2013 hingga 2014 dapat terwujud, sebagai daya dorong terhadap pengembangan usaha ekonomi kerakyatan. Namun karena terpisah dan keterbatasan anggaran, maka 2014 ini Kaltim ada tiga kecamatan yang dibangun dengan skala prioritas, yaitu Kecamatan Muara Komam Paser, Nipah-Nipah di Berau dan Ujoh Bilang Mahakam Ulu,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)   

//Foto: Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP meninjau kegiatan PNPM di Kabupaten Paser. (dok/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait