2014 Pelayanan Publik Kaltim Meningkat

2014 Pelayanan Publik Kaltim Meningkat

 

SAMARINDA - Berbagai keberhasilan pembangunan mampu ditunjukkan Pemprov Kaltim sepanjang tahun 2014. Keberhasilan pembangunan itu juga berkaitan erat dengan peningkatan pelayanan publik. Diantaranya terkait keterbukaan informasi publik dimana Kaltim mampu menempati posisi ketiga secara nasional. Keberhasilan lain adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kaltim berada di peringkat lima dan lima wilayah perbatasan Kaltim dan Kaltara telah kring atau bisa berkomunikasi melalui  telekomunikasi seluler.

Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengatakan selain keberhasilan tersebut, selama 2014 banyak keberhasilan yang telah dicapai, baik di sektor ekonomi, politik, pendidikan dan kesehatan serta sosial budaya, termasuk kemajuan pembangunan di daerah perbatasan mengalami kemajuan pesat.

“Meski kemajuan pembangunan mengalami peningkatan, namun selama 2014 Kaltim masih dihadapkan dengan permasalahan pembebasan lahan. Karena itu pada 2015, hal ini akan menjadi perhatian Pemprov Kaltim, sehingga program pembangunan khususnya proyek fisik dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Rusmadi di Kantor Gubernur Kaltim pekan lalu.

Menurut dia, persoalan lahan menjadi pokok permasalahan yang harus diperhatikan Pemprov Kaltim maupun pemerintah kabupaten/kota. Sebab, pembangunan proyek fisik pembebasan lahannya menjadi tanggungjawab pemerintah kabupaten/kota.

"Selama 2014 banyak kemajuan pembangunan yang berhasil dilakukan Pemprov Kaltim, sehingga ini patut dipertahankan bahkan ditingkatkan,” jelasnya.

Keberhasilan lain disebutkan Rusmadi adalah pembangunan terminal baru Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan yang telah diresmikan Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, sekaligus meresmikan tiga  bandara di wilayah perbatasan, yaitu Long Bawan (Nunukan), Long Apung (Malinau) dan Datah Dawai (Mahakam Ulu).

Selain itu, mengenai program pendidikan, terutama untuk bantuan beasiswa Kaltim Cemerlang 2014, Pemprov Kaltim telah merealisasikan sebanyak 35.000 penerima. Penyaluran tersebut ditargetkan mencapai 50.000 penerima yang terdiri dari tiga kategori, yaitu dari kuota pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) dan melalui kerjasama antara Pemprov Kaltim dengan perguruan tinggi di luar Kaltim maupun luar negeri. Selanjutnya, pada 2015 diharapkan target tersebut dapat terpenuhi, sehingga peningkatan kualitas SDM di Kaltim terus meningkat.

Keberhasilan lain disebutkan Rusmadi adalah pembangunan terminal baru Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan yang telah diresmikan Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, sekaligus meresmikan tiga  bandara di wilayah perbatasan, yaitu Long Bawan (Nunukan), Long Apung (Malinau) dan Datah Dawai (Mahakam Ulu). (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation