2014 Pemprov Tindaklanjuti 79 MoU

2014 Pemprov Tindaklanjuti 79 MoU

SAMARINDA- Tahun ini Pemprov Kaltim terus melakukan tindaklanjut Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan 79 berbagai perusahaan asing, pemerintah provinsi di Indonesia dan negara lain.

MoU tersebut telah dilakukan 2013 yang diharapkan pada tahun ini dapat terealisasi dengan baik, sehingga mampu mempermudah program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

“Jadi, tahun ini baru kita implementasikan. Mudah-mudahan berlanjut dengan perjanjian kerjasama, sehingga program yang dilakukan Pemprov Kaltim dapat berjalan dengan baik dan sukses,” kata Kepala Biro Kerjasama dan Penataan Wilayah Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (13/3).

Menurut dia, dari MoU yang telah dilakukan pada 2013, telah ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama mencapai 45 persen. Bahkan realisasi itu telah menikat dari tahun 2012 yang hanya 43 persen.

Peningkatan itu dikarenakan adanya tindaklanjut yang cepat dilakukan Pemprov Kaltim melalui masing-masing SKPD, setelah adanya MoU dilaksanakan. “Banyak yang sudah terlaksana dari kerjasama tersebut. Contohnya, adanya pertukaran antara sukarelawan kesehatan Australia dengan pelajar dari Kaltim. Artinya, mereka mengirim sukarelawan tapi Kaltim mengirimkan pelajar untuk belajar di sana di Universitas Adelaide Australia. Bahkan Kaltim juga telah mengirim mahasiswa ke Jepang,” jelasnya.

MoU yang kini akan dan telah dilakukan, antara lain, yakni MoU Pemprov Kaltim dengan Moskow State University of Railway Engineering Rusia tentang shering dana untuk pendidikan teknik kereta api dari S1 langsung berlanjut S2.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga akan melakukan MoU dengan Kanada tentang bidang program pendidikan, kesehatan, penanggulangan bencana dan pelayanan publik, yang diperuntukkan bagi lulusan SMK.

Terpenting lagi, tahun ini Pemprov Kaltim juga menindaklanjuti MoU dengan PT Trans Corp untuk pembangunan Trans Studio di Samarinda. “Jadi, dengan tindaklanjut MoU tersebut, diharapkan pelaksanaan program pembangunan yang dilakukan Pemprov Kaltim selama tahun ini berjalan dengan baik dan sukses,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation