2016 BPBD Mahulu Segera Terbentuk

 

SAMARINDA - Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu)  direncanakan terbentuk pada 2016 ini. Informasi ini berkembang setelah adanya koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Mahulu dengan  BPBD  Kaltim  dan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB).  

Kepala BPBD Kaltim Ir Chairil Anwar  mengatakan  dari 10 kabupaten dan kota di Kaltim hanya Kabupaten Mahulu yang belum membentuk BPBD. Namun saat ini  Pemkab dan DPRD Kabupaten Mahulu sudah  melakukan koordinasi dengan BPBD Kaltim maupun BNPB untuk mendukung terbentuknya BPBD kabupaten termuda di Kaltim itu.  

"Sekarang sudah diproses. Diharapkan 2016 ini BPBD Kabupaten Mahulu sudah terbentuk," kata Chairil Anwar, Selasa (23/8) lalu.

Ditambahkan, belum terbentuknya BPBD Kabupaten Mahakam Ulu tentu sangat menghambat  dalam melakukan komunikasi dan koordinasi apabila terjadi suatu bencana.

Demikian pula untuk urusan penyaluran bantuan dalam bentuk anggaran maupun peralatan penanggulangan bencana alam ke Mahulu karena belum adanya BPBD.

"Oleh karena itu, kita harapkan kepada Pemkab Mahulu agar segera membentuk BPBD tahun ini. Badan ini sangat penting bukan saja untuk mempercepat koordinasi ketika terjadi bencana, tetapi juga dalam penyaluran bantuan, baik dari BPBD Provinsi maupun BNPB pusat," kata Chairil. (mar/sul/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation