2016 Kaltim Target Reallisasi Buta Aksara Capai 8.500 Orang

2016 Kaltim Target Reallisasi Buta Aksara Capai 8.500 Orang

 

SAMARINDA- Tahun depan Pemprov Kaltim menargetkan realisasi program penurunan angka buta aksara mampu mencapai 8.500 orang dari jumlah 25.250 orang yang kini ada di Kaltim. Karena itu, dari target tersebut, diharapkan dukungan berbagai pihak diperlukan untuk menyukseskan program ini, terutama DPRD Kaltim untuk alokasi anggaran penurunan angka buta aksara.

“Dari target tersebut, apabila disetujui DPRD setiap tahunnya, maka hingga 2018 dipastikan Kaltim bebas buta aksara,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Jumat (30/10).

Selain itu, mendukung program ini, Pemprov juga terus melanjutkan program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) yang diharapkan mampu menyerap hingga diperdesaan, terpencil dan tertinggal. Karena itu, program ini diharapkan dapat menjadi program prioritas yang patut mendapat dukungan dari DPRD Kaltim.

Hanya saja, yang menjadi permasalahan saat ini adalah makin banyaknya penduduk yang datang di Kaltim tinggal di wilayah perdesaan dan terisolir yang tidak terdata. Karena itu, ini juga yang mempengaruhi pengembangan program MDG’s dan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kaltim.

Upaya untuk menurunkan itu, yakni memberikan pendidikan keaksaraan dasar dan memberikan pendidikan keterampilan. Bukan hanya itu, program BKC juga bagian dari dukungan Pemprov Kaltim untuk menurunkan angka buta aksara, sehingga kualitas SDM di Kaltim semakin baik.(jay/hmsporv)

Berita Terkait
Government Public Relation