2018 Pendidikan Tetap Jadi Program Prioritas

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama mahasiswa penerima Berasiswa KaltimCemerlang beberapa waktu lalu. (dok/humasprov kaltim).

 

2018 Pendidikan Tetap Jadi Program Prioritas

 

SAMARINDA -  Tahun depan merupakan akhir dari program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim selama kepemimpinan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wagub Mukmin Faisyal. Akhir program RPJMD tersebut, program pembangunan pendidikan tetap menjadi program prioritas Pemprov Kaltim selain pembangunan infrastruktur dan kesehatan masyarakat.

 

Karena itu, Pemprov Kaltim bertekad untuk terus berupaya meningkatkan kualitas SDM melalui program pembangunan pendidikan. "Melalui program ini kami berharap kualitas mutu pendidikan Kaltim semakin baik dan SDM semakin berkualitas. Karena, tantangan global semakin berat," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Hj Dayang Budiati, Kamis (16/11). Untuk menjawab tantangan global di masa akan datang, maka wajar program pembangunan pendidikan tetap menjadi prioritas utama Pemprov Kaltim. Pemprov menilai, Kaltim ke depan tidak lagi harus bergantung dengan sumber daya alam (SDA) yang tak dapat diperbaharui.

 

Karena itu, peningkatan SDM merupakan kunci utama daerah ini agar SDM yang dimiliki mampu berdaya saing dan mengelola sumber daya yang dapat diperbaharui. Karena, selain peningkatan SDM Kaltim juga fokus terhadap sumber daya yang dapat diperbaharui. Contohnya sektor pertanian dalam arti luas. "Untuk mendukung itu. Maka dipersiapkan SDM berkualitas, sehingga pemanfaatan sumber daya yang dapat diperbaharui tersebut mampu memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat di masa akan datang," jelasnya. Salah satu program pendidikan yang kini masih menjadi perhatian Pemprov Kaltim adalah adanya program kerjasama beasiswa pemerintah daerah dengan daerah lain maupun negara lain serta peningkatan kualitas kompetensi guru. (jay/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait