21 Ruang Isolasi Difungsikan

Foto : Istimewa

SAMARINDA - Sebanyak 21 ruangan berkapasitas 50 tempat tidur telah difungsikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr  Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

 

Dioperasionalkan ruang isolasi tersebut diakui Direktur RSUD dr Kanujoso Balikpapan dr Edy Iskandar sebagai antisipasi lonjakan pasien terindikasi virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid 19).

 

"Hari ini sudah digunakan. Pasien-pasien sudah diturunkan di perawatan baru. Ada 21 ruangan dengan 50 tempat tidur. Ini sudah mulai kita operasionalkan," kata Edy Iskandar via telepon, Kamis 26 Maret  2020.

 

Ruang isolasi baru telah diisi 13 pasien dalam pengawasan (PDP) terdiri lima pasien positif Covid 19 dan delapan pasien menunggu hasil tes laboratorium.

 

Terhadap pengoperasian ruang isolasi Covid 19 baru, berarti ruang isolasi TB (tuberculosis) dikembalikan fungsinya untuk rawat inap bagi pasien TB.

 

"Ruang isolasi lama kita kembali fungsikan untuk pasien TB. Khusus kondisi pasien positif Covid 19 dan PDP lainnya, hingga saat ini sudah menunjukkan gejala membaik. Artinya, tidak ada keluhan maupun kondisi mengkhawatirkan. Namun belum boleh keluar. Kita akan terus evaluasi kondisinya," ungkap Edy.

 

Selain, 21 ruang inap (isolasi baru), pihak Kanujoso juga menyiapkan satu poli khusus untuk Covid 19 bagi semua pasien yang ada riwayat batuk, pilek, sesak napas dan riwayat  bepergian dari daerah-daerah transmisi.

 

"Poli khusus Covid 19. Jadi semuanya sudah dipisahkan dari UGD dan poli rawat jalan biasa yang selama ini dipakai melayani pemeriksaan," jelasnya.

 

Secara umum untuk Kaltim hingga per 25 Maret 2020 terdapat pasien dalam pengawasan (PDP) 64 orang, terdiri negatif 26 orang, positif 11 orang dan menunggu hasil laboratorium 27 orang. Sedang orang dalam pemantauan total 1.440 orang dan selesai pemantauan 466 orang.

 

Khusus 11 pasien positif Covid 19 terdiri Balikpapan enam orang, Kutai Timur dua orang, Samarinda dan Kutai Kartanegara serta Bontang masing-masing satu orang.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation