22 Penyuluh Pertanian Dapat Penghargaan


 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) kembali memberikan penghargaan kepada para tenaga pendamping petani dan nelayan (penyuluh) berprestasi.

Tahun ini tidak kurang 22 tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan memperoleh penghargaan Pemprov tersebut. Penghargaan Pemprov Kaltim diberikan Kepala BKPP Kaltim H Fuad  Asaddin mewakili gubernur Kaltim pada Pertemuan Forum Penyuluhan Pertanian se-Kaltim, Sabtu (10/9).

Menurut Fuad Asaddin, penghargaan diberikan bagi para penyuluh pertanian selaku pendamping para pelaku utama (petani/nelayan) dan pelaku usaha sebagai pendorong kinerja mereka di lapangan.

“Penghargaan ini kita berikan agar mereka (penyuluh) merasa diperhatikan pemerintah sehingga termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja dalam mendampingi  para pelaku utama dan pelaku usaha di Kaltim,” katanya.

Apalagi lanjut Fuad, Kaltim sudah menargetkan program-program prioritas dalam pencapaian swasembada pangan di daerah sehingga mampu berkontribusi pada ketahanan pangan nasional.

Potensi yang besar ini ujarnya, baik potensi sumber daya lahan maupun sumber daya manusia pelaku utama dan penyuluh harus dioptimalkan agar target-target pertanian daerah tercapai.

“Kita optimis dengan semangat dan komitmen yang kuat Gubernur Awang Faroek Ishak didukung kinerja seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian termasuk penyuluh pertanian, maka percepatan swasembada pangan Kaltim akan terwujud,” ungkap Fuad.

Adapun para penyuluh yang memperoleh penghargaan Pemprov itu terdiri 3 penyuluh pertanian PNS teladan, 3 THLTBPP teladan, 1 penyuluh pertanian swadaya teladan, 3 Gapoktan berprestasi, 3 BP3K berprestasi serta 2 Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi. Kemudian 2 penyuluh perikanan teladan serta 1 kelompok pencinta alam dan 1 kelompok konservasi alam. (yans/sul/humasprov)   

Berita Terkait