25 Sekolah Kaltim Raih Adiwiyata Nasional 2013

SAMARINDA- Sebanyak 25 sekolah di Kaltim berhasil meraih penghargaan Adiwiyata nasional 2013 yang diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup (LH) Balthasar Kambuaya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh di Jakarta, Jumat (20/12).  
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim H Riza Indra Riadi mengatakan, prestasi ini sangat membanggakan, sekaligus membuktikan bahwa gerakan menuju Kaltim Hijau benar-benar mendapat dukungan dari sekolah-sekolah di Kaltim.   
“Kami sangat bangga atas keberhasilan 25 sekolah di Kaltim yang mampu meraih penghargaan Adiwiyata ini. Prestasi ini menunjukkan bahwa program Kaltim Hijau yang dicanangkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak terealisasi dengan baik, bukan hanya di lingkungan pemerintahan dan masyarakat, tetapi juga di sekolah-sekolah,” kata Riza Indra Riadi ketika dikonfirmasi di Samarinda, Ahad (22/12).
Program Adiwiyata yang dilakukan di sekolah merupakan bentuk nyata dukungan warga sekolah untuk menyukseskan program Kaltim Hijau. Dengan begitu, diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.
Program Adiwiyata telah dilaksanakan sejak 2006 oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para stakeholders. Program ini diharapkan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar dengan memasukkan materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah.
”Tujuan program ini adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan,” jelas Riza.   
Program Adiwiyata ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan kelembagaan yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Riza berharap, ke depan akan banyak lagi sekolah di Kaltim yang mampu melaksanakan program Adiwiyata ini.  
Sekolah yang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata nasional 2013, antara lain SD Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra Bontang, SDN 028 Balikpapan Selatan, SD Latihan YBBSU Balikpapan Selatan, SD Nasional KPS Balikpapan, SDN 006 Balikpapan, SDN 021 Sungai Kunjang Samarinda, SDN 018 Tarakan, SDN 002 Nunukan, SDN 004 Nunukan, SDN 027 Tanah Grogot,
Kemudian SDN 031 Tanah Grogot , SDN 021 Tanjung Redeb, SMPN 1 Bontang, SMPN 12 Balikpapan, SMPN 14 Balikpapan Selatan, SMP Nasional KPS Balikpapan, SMPN 2 Tarakan, SMPN 5 Tarakan, SMPN 8 Berau, SMPN 2 Bontang, SMAN 4 Balikpapan, SMAN 8 Balikpapan Barat, SMAN 1 Sangatta Utara, SMKN 1 Balikpapan dan SMKN 3 Samarinda. Penghargaan diserahkan saat digelar  Sarasehan Sekolah Adiwiyata Nasional 2013 di Jakarta sejak 19-21 Desember 2013. (jay/hmsprov)

//Foto:  Sukses penghijauan di Kaltim tidak terlepas dari peran sekolah. Tampak Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama pelajar Samarinda bersama memasyarakatkan program Kaltim Green. (dok/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation