27 Peserta Ikuti Pemilihan Putri dan Duta Wisata Kaltim 2018

Pj Sekprov Kaltim Hj Meiliana saat membuka Grand Final Pemilihan Putri dan Duta Wisata Kaltim 2018. (umar/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pariwisata Kaltim  melaksanakan  Grand Final Pemilihan Puteri pariwisata dan Duta Wisata  Kaltim 2018 yang di gelar di Atrium Mahakam Bigmall Samarinda, Senin (15/10). 

Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meliana mengatakan potensi pariwisata Bumi Etam perlu terus dipromosikan hingga level regional, nasional bahkan internasional. "Potensi wisata yang dimiliki Provinsi Kaltim harus terus  di promosikan dan diperkenalkan kepada wisatan nasional dan internasional  dengan sumber daya manusia yang berkualitas, termasuk para Duta Wisata Kaltim," kata Meiliana.

Ditambahkan, Putri Pariwisata dan Duta Wisata bukan harus hanya memiliki daya tarik atau pesona kecantikan  fisik, tetapi harus juga didukung dengan kemampuan komunikasi serta pengetahuan, karena mereka memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan potensi wisata Kaltim sebagai duta daerah. "Selain itu Putri Pariwisata dan Duta Wisata juga dapat meningkatkan image positif daerah dan bangsa serta menjunjung tinggi kearifan lokal," kata Meiliana. 

Sementara Asisten Ekonomi dan Administrasi Pembangunan yang juga dipercaya menjadi Plh Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, H Ihcwansyah menjelaskan grand final ini diikuti 27 peserta yang merupakan perwakilan dari 7 kabupaten/kota. Sementara Kabupaten Berau, Paser dan Mahulu tidak mengirimkan wakilnya. 

Ditambahkan Ichwansyah Puteri Pariwisata dan Duta Wisata Kaltim yang terpilih nanti akan mewakili Kaltim pada pemilihan Puteri Pariwisata dan Duta Wisata Tingkat Nasional. "Ajang pemilihan ini merupakan sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan  pada generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan seni budaya dan pariwisata Kaltim," kata Ichwansyah.

Sebelumnya para finalis telah melalui beberapa penilaian dan telah dikarantina. Seluruh peserta akan dinilai oleh tim juri sebelum ditetapkan menjadi Puteri Pariwisata dan Duta Wisata Kaltim 2018. Tampak hadir Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda Muhammad Faisyal dan  pimpinan organisasi perhotelan, travel serta para seniman  dan budayawan Kaltim. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation