27 TKHI Layani Calhaj Embarkasi Balikpapan

SAMARINDA–Dinas Kesehatan Kaltim melalui bidang pelayanan kesehatan  melakukan kegiatan pelatihan bagi Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). Untuk Kaltim, pelatihan diikuti 27 orang yang terdiri dari 9 dokter dan 18 perawat. 27  TKHI  tersebut akan melayani para jamaah calon haji (Calhaj) Embarkasi Balikpapan.
“Melalui pelatihan ini diharapkan para petugas mampu memberikan pelayanan jamaah haji mulai dari embarkasi, selama perjalanan, ketika di Arab Saudi hingga kembali ke tanah air,” kata Kepala Seksi Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Kaltim, Agus Widayanto, Senin (13/5).
Dijelaskan, tugas TKHI adalah memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jamaah kelompok terbang (kloter) di mana TKHI ditugaskan. Selain itu, lanjut dia, TKHI juga melakukan tugas-tugas administrasi, serta membimbing para peserta haji dan memberi pelayanan maksimal kepada jamaah calon haji asal Kaltim.
TKHI mendapatkan pelatihan yang terdiri dari pelatihan kompetensi dan integrasi. Pelatihan kompetensi berupa pembekalan apa yang menjadi tugas dari petugas kesehatan sesuai tupoksi dengan memberikan pelayanan kesehatan dasar, termasuk juga sistem pencatatan pelaporan.
Sedangkan pelatihan integrasi, yaitu perpaduan atau menyamakan persepsi antara tugas kesehatan dengan tugas pembimbing ibadah haji melalui Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan.
“Petugas TKHI harus mengutamakan tugas prioritasnya, yaitu melayani jamaah haji,” katanya.
Rekrutmen TKHI dilakukan berdasarkan sistem online dengan melihat skor tertinggi dari kriteria yang telah ditetapkan dan mereka yang terpilih juga sudah melalui seleksi yang sangat ketat yang dilakukan secara transparan.
Awalnya, dilakukan registrasi di tingkat pusat (Kementerian Kesehatan), kemudian berkas dikirim ke Dinas Kesehatan Kaltim melalui pos dan dikirim lagi ke pihak pusat untuk dilakukan penentuan.
”Sehingga tidak terjadi kontak langsung dengan calon petugas TKHI, jadi rekrutmennya bersih tanpa KKN,” jelasnya.
Embarkasi Balikpapan pada musim haji 1434 Hijriah ini direncanakan  memberangkatkan Calhaj dari Kaltim, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait
Pegawai Harus Rutin Cek Kesehatan
Pegawai Harus Rutin Cek Kesehatan

24 Oktober 2018 Jam 20:47:15
Kesehatan

JKN-KIS Menuju UHC
JKN-KIS Menuju UHC

27 Januari 2019 Jam 21:29:10
Kesehatan

Palaran Terima Mobil Ambulan
Palaran Terima Mobil Ambulan

23 September 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan