27.000 Pengunjung Manfatkan Fasilitas M-CAP Kominfo Kaltim

27.000 Pengunjung Manfatkan Fasilitas M-CAP Kominfo Kaltim

 

SAMARINDA – Keberadaan Fasilitas Mobile Community Acces Point (M-CAP) atau mobil internet keliling yang dioperasikan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, mendapat sambutan positif bagi warga Kaltim, terbukti sejak Januari hingga Oktober 2015 telah diamanfaatkan oleh 27.000 pengguna.

"Jumlah pengunjung sebanyak itu tercatat sejak Januari tahun ini. Pengunjungnya berasal dari warga desa maupun siswa yang tersebar di tiga wilayah yakni Bontang, Samarinda dan Kukar,"  kata Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Abdullah Sani didampingi  Kepala Bidang Aplikasi Telematika, Adrie Dirga Sagita.

Dirga menyebutkan, M-CAP yang merupakan fasilitas dari Kementrian Kominfo telah dioperasionalkan Diskominfo Kaltim sejak 2011 untuk melayani masyarakat menggunakan sarana internet secara gratis.

"Mobil M-CAP Ini berkeliling ke sekolah, kantor desa atau lurah, kantor kecamatan serta ditempat-tempat yang penuh dengan keramaian masyarakat," kata Dirga yang menyebutkan dalam setiap kunjungan, jumlah pengguna M-CAP mencapai 80-150 orang.

Mobil M-CAP ini, kata Dirga, hanya terdapat satu unit dengan fasilitas di dalam mobil itu sendiri memiliki enam komputer yang telah terkoneksi internet.          

"Pengunjung selain bisa menggunakan langsung melalui komputer yang disediakan juga bisa mengakses internet melalui laptop masing-masing pengunjung karena mobil internet ini menggunakan fasilitas free wifi tanpa menggunakan password," katanya.

Dirga mengakui bahwa adanya keterbatasan unit serta operator membuat Diskominfo tidak bisa menjangkau secara luas dalam hal melayani masyarakat melalui pelayanan gratis internet. Terutama untuk pembelajaran anak-anak dalam masalah internet dan sebagai sarana informasi kegiatan yang dilakukan pemerintah.

"Segmentasi dari pelaksanaan M-CAP ini adalah masyarakat dan anak-anak. Terutama anak sekolah. kami berharap pelaksanaan M-CAP ini mampu membantu penyebarluasan informasi secara cepat dan merata dalam pelayanan internet," katanya. (rus/es/hmsporv).

////FOTO : Masyarakat sedang memanfaatkan keberadaan unit Mobile Community Acces Point.(dok/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation