2.714 Anggota TNI dan Polri Siap Amankan TTGN

Jelang Gelar TTGN di Kaltim 2014

SAMARINDA – Setidaknya  2.714 personil TNI dan Polri siap mengamankan dan menyukseskan penyelenggaraan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI  di Kaltim yag dijadwalkan pada 18-23 Juni 2014. Event nasional ini akan  dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Kepala Seksi Operasional (Kasiops) Korem 091/ASN Letkol Inf TNI Waston Purba mengatakan, dengan jumlah tersebut diharapkan pengamanan pelaksanaan TTGN akan berjalan lancar dan tertib.

“Jumlah tersebut terdiri dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), Angkatan Laut (AL) dan Polri. Semua siap diturunkan. Mulai dari Balikpapan hingga tempat pelaksanaan kegiatan diamankan. Apalagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan hadir, tentu pengamanan harus siap siaga,” kata Waston Purba usai rapat bersama panitia TTGN Pemprov Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (2/6).

Menurut dia, untuk pengamanan presiden, sejak kedatangan hingga kepulangan presiden akan dijaga ketat dari personil yang akan diturunkan. Termasuk selama perjalanan dari Balikpapan hingga Samarinda. Bahkan ketika presiden menginap juga dilakukan pengamanan yang ekstra ketat. Presiden akan menginap di Pendopo Lamin Etam Samarinda bersama Ibu Negara, Ani Yudhoyono.

“Kami berharap pengamanan terhadap kepala negara dan rombongan berjalan baik dan semua proses kunjungan presiden berjalan lancar,” jelasnya.

Dengan pengamanan ini, diharapkan penyelenggaraan TTGN di Kaltim berlangsung sukses dan lancar. Apalagi, pelaksanaan tersebut akan diikuti peserta dari 34 provinsi se-Indonesia  yang mencapai 7.000 orang dan dihadiri 12 menteri terkait. 

Sebelumnya, Asisten Administrasi Umum Sekprov Kaltim, H Sofyan Helmi berharap dengan kondisi yang aman dalam penyelenggaraan, penyebarluasan informasi berbagai teknologi tepat guna perdesaan yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat dapat dilakukan dengan lebih baik.

Apalagi, pelaksanaan tersebut dimaksud sebagai forum untuk menggali gagasan dan pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan pengembangan dan pemasyarakatan serta penerapan TTG perdesaan. 

“Kami berharap semua berjalan lancar, termasuk kedatangan dan kepulangan presiden. Selain itu, kami juga berharap TTGN ini apat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa menuju kemandirian masyarakat,” tegasnya. (jay/sul/es/hmsprov).

/////FOTO : TNI dan Polri siap sukseskan TTGN di Kaltim.(dok/humasprov)

Berita Terkait