29 ASN Dilatih Menyusun Renstra dan Renja .

Foto : Yuvita Indrasari

SAMARINDA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur mengadakan pelatihan penyusunan rencana strategis (Renstra) dan rencana kerja (Renja) Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Pelatihan dilaksanakan selama empat hari mulai dari 24-27 Februari 2020 dengan jumlah peserta 29 orang. 

.

Plh Sekretaris BPSDM Fitriansyah menguraikan peran utama BPSDM untuk meningkatkan kompetensi para aparatur sipil negara (ASN) dan P3K nantinya. 

.

“Kami harus melatih mereka agar keempat kompetensi yang diamanatkan kepada kami bisa dimiliki seluruh ASN. Keempat kompetensi itu,  kompetensi managerial, teknis, sosial kultural dan kompetensi pemerintahan,” tutur Fitriansyah saat diwawancarai pada pembukaan pelatihan di Aula II BPSDM Kaltim, Senin (24/2/2020).

.

Dia mengatakan, pelatihan penyusunan Renstra dan Renja merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi teknis yang harus dimiliki setiap ASN yang berkecimpung di bidang perencanaan. Sehingga bisa diterapkan dengan baik di unit atau perangkat daerahnya masing-masing.

.

Kepala Bidang Pengembangan Komunikasi dan Teknologi BPSDM Kaltim Buyung Dodi Gunawan menuturkan pelatihan ini merupakan bagian dari kewajiban perangkat daerah untuk menyusun perencanaan di masing-masing unitnya. 

.

“Renstra dan Renja itu sinergis dengan RPJMD dan RKPD. Jadi provinsi menyusun RPJMD, Perangkat Daerah menyusun Renstra. Provinsi menyusun RKPD dan Perangkat Daerah menyusun Renja. 

RPJMD juga harus sinergis dengan RPJMN. Sehingga bagaimana caranya kita menyusun itu semua agar terjadi sinergis antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Kita juga menjadi acuan bagi pemerintah kota dan kabupaten,” terang Buyung.

.

Buyung mengungkan penyusunan ini sangat penting agar yang dilakukan masing-masing unit sinergi dengan visi-misi Gubernur Kaltim. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

.

Berita Terkait