3.000 Peserta Akan Bersaing pada Lomba Lari 10-K di Kaltim

SAMARINDA - Sedikitnya 3.000 peserta akan mengikuti lomba lari jalan raya 10–K (10 kilometer untuk memperebutkan Piala Gubernur Kaltim yang akan dilaksanakan pada Minggu, 14 Februari 2016. Lomba dipusatkan di depan Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan pendaftaran peserta akan berakhir hingga 14 Februari 2016 di Sekretariat Dispora Kaltim Jalan KH Wahid Hasyim Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Pendaftaran lomba lari Piala Gubernur Kaltim 10-K sudah dibuka. Ditargetkan 3.000 peserta akan mengikuti lomba lari ini, baik dari atlet, pelajar hingga masyarakat umum. Kami juga membuka untuk atlet nasional yang ingin mendaftar. Masyarakat lokal Kaltim yang ingin mendaftar silahkan datang ke Kantor Dispora Kaltim hingga pukul 15.00 Wita,” kata Fachruddin Djaprie di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (18/1).

Pendaftaran bagi peserta tingkat nasional telah disampaikan kepada Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Tujuannya agar kegiatan ini lebih meriah dan memotivasi atlet lokal untuk menguji kemampuan dengan atlet nasional.

Sementara untuk kategori peserta ada lima kategori, yakni kategori pelajar dari kabupaten/kota, kategori elite yang diikuti atlet nasional, kategori umum diikuti atlet lokal Kaltim dan kategori veteran yang berasal dari atlet lokal Kaltim dan nasional yang berusia diatas 45 tahun serta kategori TNI dan Polri yang merupakan atlet asal satuan-satuan TNI dan Polri.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Diharapkan dapat memberikan motivasi bagi atlet lokal dan nasional untuk meningkatkan kualitas mereka dalam meraih prestasi. Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian untuk memeriahkan HUT ke-59 Provinsi Kaltim,” jelasnya.

Tahun ini, lanjut dia, untuk rute lomba lari mengalami perubahan. Jika biasanya melintasi jalur ke Wilayah Sempaja kini diubah melintasi menyusuri Tepian Mahakam atau ke Wilayah Sungai Kunjang. Rute tersebut akan melintasi depan Big Mall Samarinda dan kembali hingga finis di Jalan Gajah Mada Samarinda depan Kantor Gubernur Kaltim.

“Star dan finis di depan Kantor Gubernur Kaltim. Tujuan perubahan rute ini agar para atlet tidak banyak melintasi tanjakan dan sekaligus mempromosikan obyek wisata Samarinda Tepian Mahakam,” jelas Fachruddin Djaprie. (jay/sul/es/humasprov).

Berita Terkait