320 Penggalang Kaltim Ikuti Jamnas X di Jakarta


SAMARINDA - Sedikitnya 320 anggota Pramuka tingkat penggalang  dari Kaltim siap mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, yang dijdawalkan 14-21 Agustus 2016.  Sejumlah anggota Pramuka Kaltim akan bergabung dengan 24.000 Pramuka dari penjuru Tanah Air Indonesia.

Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan Sigit Muryono mewakili Gubernur Kaltim yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah yang berusia 11-15 tahun.

Diharapkan melalui Jamnas, mampu meningkatkan silaturrahmi antar anggota Pramuka se Indonesia dan menjalin kekompakan antara anggota Pramuka di daerah dan nasional.

“Kegiatan ini memang bukan lomba, tetapi diharapkan mampu membangun semangat juang dan rela berkorban demi bangsa dan tanah air menuju masyarakat sejahtera dan kuat di masa datang,” kata Sigit Muryono usai pelepasan dan arahan kepada peserta Kontingen Jamnas X 2016 asal Kaltim di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (5/8).

Anggota Pramuka yang dididik dari siaga hingga pandega diyakini mampu menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Dari kegiatan tersebut, diharapkan mampu membangun kebersamaan untuk kenpentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena, pemimpin di masa datang adalah mereka yang telah dibina dengan mental dan semangat rela berkorban serta kompak membangun bangsa sejak dini. Apalagi, sejak dini anggota pramuka dididik untuk saling kenal satu dengan yang lain. Sehingga ketika 15 atau 20 tahun akan datang mampu bersama-sama membangun negara, khususnya di daerah masing-masing.

“Diyakini dengan kegiatan Pramuka,  masa depan bangsa akan terjaga baik, tidak ada pertikaian dan saling menghargai dengan sesama akan terjalin baik,” jelasnya.

Ketua Kwarda Pramuka Kaltim Hatta Zainal mengatakan peserta yang mengikuti Jamnas adalah yang terpilih dari masing-masing Kwarcab di kabupaten/kota se Kaltim. Jambore Daerah  Kaltim diikuti tujuh kabupaten/kota, yaitu Samarinda, Bontang, Balikpapan, Kutai Kartanegara, PPU, Paser dan Kutai Timur.

“Kami berharap dengan menurunkan 320 peserta penggalang mampu meningkatkan semangat dan kekompakan para kader Pramuka yang ke depan dapat menjadi calon pemimpin berkarakter. Melalui kegiatan ini diharapkan pengembangan sumber daya Pramuka ke depan dapat mendukung pertumbuhan kesejahteraan rakyat melalui pemimpin yang berkarakter dan berakhlak mulia,” jelasnya.(jay/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation