3.200 Peserta Pelatihan Dasar Aptel

Diskominfo Kaltim Latih

SAMARINDA - Dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di bidang teknologi informatika dan komunikasi (TIK), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim telah melatih sebanyak 3.200 orang dari berbagai kalangan yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Kaltim. Mereka dilatih dasar-dasar aplikasi dan telematika (Aptel).

Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani didampingi Kepala Bidang Aplikasi Telematika Diskominfo Kaltim, Adrie Dirga Sagita menyampaikan bahwa pelatihan dasar ini telah melebihi target tahun 2015, sebanyak 1.000 peserta.

   "Hingga akhir tahun ini, kemungkinan bisa lebih dari 3.600 orang yang kami latih. Kami akan terus tingkatkan pelatihan dasar ini pada tahun-tahun berikutnya. Namun, kami masih terkendala dengan peralatan yang belum update dengan peralatan terbaru," katanya.

  Adapun pelatihan dasar Aptel itu diantaranya yakni terkait pemanfaatan software maupun aplikasi pada komputer atau laptop dan penggunaan internet yang positif bagi masyarakat. Selain itu, peserta juga dilatih tentang pembuatan website, bloger, pemrogaman, desain grafis dan lain-lain.

   "Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang. Sehingga, dalam pelatihan dasar ini, peserta bisa mengenal teknologi dan mengerti pemanfaatan internet yang baik untuk meningkatkan pengetahuan para peserta," katanya.

   Pelatihan dasar digelar di Training Room Diskominfo Kaltim di Jalan Basuki Rahmat No. 41 Samarinda. Diskominfo pun sudah menjadwalkan para peserta setiap Kamis untuk kalangan pelajar dan mahasiswa dengan jumlah sebanyak 20 peserta untuk sekali pertemuan. Berdasarkan jadwal, sebanyak 880 siswa dan mahasiswa dari 44 sekolah dan perguruan tinggi yang tersebar di kota Samarinda dan Kutai Kartanegara yang mengikuti pelatihan ini.

  "Belum lagi yang tidak terjadwal setiap hari Senin hingga Rabu. Senin hingga Rabu itu pesertanya tidak menentu. Mereka datang dari berbagai kalangan. Ada guru, PNS, Dharma Wanita maupun dari pegawai swasta. Kami  mengajak masyarakat juga bisa mengikuti pelatihan dasar ini karena pelatihan ini diberikan secara gratis dengan para pelatih dari Diskominfo Kaltim," jelasnya. (rus/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation